Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk Hitung Kemampuan Kredit Mobil Baru

billy - Rabu, 24 November 2010 | 12:25 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 

OTOMOTIFNET - Kebiasaan belanja dengan menganut asas besar pasak daripada tiang sebaiknya segera ditinggalkan. Hal ini untuk mengurangi beban biaya hidup selam sebulan. Untuk itu perlu mengetahui seberapa besar kemampuan Anda, jika diharuskan untuk membeli kendaraan.

Semisal penghasilan bersih saat ini sebesar Rp 7,5 juta. Dari angka ini langsung bisa dikalkulasi harga mobil yang pantas dibeli saat ini. Posting budget belanja kendaraan sebesar 30%, berdasarkan total penghasilan bersih tadi. Hasilnya akan tercipta angka RP 2,5 juta.

Dari Rp 2,5 juta ini dikalikan 12 bulan, hasilnya Rp 30 juta per tahun. Diasumsikan biaya bunga, administrasi dan asuransi sekitar Rp 2 juta. Maka akan ketahuan penghasilan bersih per tahunnya, yaitu Rp 28 juta (Rp 30-2juta).

Total penghasilan selama 3 tahun sebesar Rp 84 juta, didapat dari perkalian penghasilan bersih per tahun dengan jangka waktu tenor yang hendak diambil.

No caption
No credit
No caption

Alternatif lain bisa dengan jalan menyewa mobil dengan keuntungan bebas biaya perawatan

Slip gaji jangan dimark-up sekadar demi meluluskan hasil dari survey kredit
.

Diasumsikan DP normal yang diambil, yaitu 20%. Sisa persentase sebesar 80% merupakan total penghasilan yang bisa dianggarkan untuk membeli kendaraan. Yaitu 84 juta dibagi 80%, hasilnya sebesar Rp 105 juta.

Kesimpulannya, harga kendaraan yang bisa dibiayai dengan keringat Anda sendiri adalah mobil seharga Rp 105 juta.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa