Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Load Index Ban, Beban Total Itu Vital!

Editor - Kamis, 2 September 2010 | 11:23 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Mudik identik dengan membawa banyak barang, baik untuk selama perjalanan maupun oleh-oleh buat di kampung. Bagi yang membawa mobil, tentu tak masalah. Barang yang diangkut ditaruh di bagasi.

Tetapi jika ruang bagasinya pas-pasan, tak sedikit orang meletakkan barang di atap mobil. Boleh saja, namun jangan main asal angkut. Sering kita lihat mobil diberi beban sangat banyak, dan tak sedikit pula kasus kecelakaan akibat kelebihan beban.

Itu erat hubungannya dengan ban. Pemilik kendaraan wajib mempelajari spesifikasi ban, alangkah baiknya pelajari brosur ban cari tahu di mana kelebihannya. Khususnya pengguna MPV, kendaraan yang paling banyak dipakai para mudik.

No caption
No credit
No caption



Kode load index sebuah ban, menentukan seberapa banyak barang bisa diangkut

Ban punya informasi mengenai daya angkut (load index). Mengindikasikan tekanan yang diberikan, mengenai seberapa bisa daya angkut maksimum ban.

“Pemakaian ban untuk MPV lebih diperhitungkan kepada muatan penuh, beda dengan sedan yang lebih pada kecepatan. Jadi load indexnya harus sesuai,” jelas Zulpata Zainal, tire evaluation & EO PT Bridgestone Tire Indonesia.

Misal mudik pakai Innova dengan ban 205/65 R15 94H. Kode 94 berarti 1 ban dapat memanggul beban 670 kg. Dikali 4 berarti daya angkutnya 2.680 kg (2,68 ton). Jika bobot Innova 1.525 kg, maka beban yang masih dapat diangkut hingga 1,155 kg.

“Kalau diganti misal dengan 95, lebih bagus. Pokoknya tidak boleh kurang dari 94,” lanjutnya.

Mobil MPV suspensinya lebih keras dari sedan, jadi kerja ban lebih berat, maka, “Pakai ban yang dindingnya lebih rata dan jangan pilih profil terlalu tipis. Beban di dinding ban lebih berat dari ban mobil sedan karena menyangkut daya pikul,” kata Surya, marketing manager EP Tyres.

Jadi sebelum mengepak barang bawaan yang dirasa cukup banyak, perhatikan load index ban dari mobil yang dipakai. Semoga perjalanan mudik Anda lancar, aman dan sampai tujuan dengan selamat.

Koda angka load index ban MPV
Ring 14
69 325 Kg
72 355 Kg
79 437 Kg
82 475 Kg
Ring 15
75 387 Kg
77 412 Kg
81 462 Kg
84 500 Kg
87 545 Kg
90 600 Kg

 

Penulis/Foto: Fend / Dolok, Salim

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa