Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pentingnya Chemical Car Care, Kurangi Repot Selama Mudik

Editor - Rabu, 8 September 2010 | 08:37 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Kalau Anda tergolong orang cuek, persiapan mudik bisa sekadarnya saja. Tinggal kumpulkan pakaian, dompet tebal, mobil masih baru dan tinggal bilang lets go! Namun tak banyak yang ‘sehebat’ Anda. Sebagian besar masih perlu peace of mind bin hati tenteram saat menjalani mudik.

Prinsipnya bisa berarti enggan repot di jalan karena problem mobil. Atau bisa saja berhati mulia membantu sesama yang kena musibah. Untung tak selamanya mesti bawa  kunci-kunci atau tools komplet. Beberapa chemical car care bisa memangkas repot atau waktu perbaikan dan bersih-bersih mobil hingga 90%. Selain itu bisa hemat tenaga juga sehingga fit di kampung halaman.

No caption
No credit
No caption

Injector Cleaner
No caption
No credit
No caption

Wiper Fluid

Injection Cleaner
Pernahkan mobil batuk-batuk setelah Anda keluar pintu tol? “Bisa saja akibat kotoran yang menumpuk di throttle body,” terang Suhendra Hanafi dari PT Laris Chandra, distributor STP. Cara singkat dan cepat coba semprotkan degreaser seperti injection cleaner atau karburator cleaner. Baca aturan pakai di kalengnya untuk detail.

Wiper Fluid
Kaca kotor dan wiper enggak sanggup menghilangkan air biasa bercampur serangga? Enggak perlu turun dari mobil dan repot lap kaca. “Siapkan saja konsentrat untuk campuran air wiper,” tambah Alfons dari PT Foerch Indonesia. Dipasaran cukup banyak merek yang tersedia antara lain, Foerch Eco Hot Screen, Astonish Screen Washer, Sonax Windscreen Cleaning Concentrate, Prestone Bug Wash Concentrate.

Nah karena konsentrat,  sebotol  kecil sudah bisa ini menghasilkan 4-5 liter campuran air wiper. Sehingga ampuh mengusir serangga hingga debu membandel. Harganya Rp 15-55 ribu/botol.

No caption
No credit
No caption

Brake Cleaner
No caption
No credit
No caption

Contact Spray

Brake Cleaner
Rem berdecit akibat debu atau kotoran sudah pasti bikin hati kesal. Lebih celaka lagi jika berpotensi mengurangi performa rem hiiiyyy...... Namun siapkah jika mesti membuka roda depan atau belakang untuk membersihkan brake pad dan disc?

Nah ketimbang menguras waktu dan tenaga 1-2 jam, bisa ambil Brake parts cleaner dalam kaleng 400 ml. “Tinggal semprotkan ke area yang kotor,” terang Peter Dion, dari PT. Autochem Industry. Chemical ini sanggup meluruhkan debu hingga gemuk. Selain itu dikenal cepat kering.

Contact Spray
Jikalau sistem kelistrikan bermasalah disebabkan oleh air atau kelembaban yang tinggi, peranti ini bisa Anda andalkan. Biasanya dikemas dalam kaleng aerosol ukuran 50 ml hingga 300 ml. Buka komponen yang kena trouble seperti kepala busi, lantas bersihkan dan disemprot pendek-pendek beberapa kali.

No caption
No credit
No caption

Silikon Spray

Fuel Treatment

Silikon Spray
Kesal bunyi kriet..kriet di jok atau engsel pintu bahkan karet kaca? Enggak usah dibongkar dulu bagian itu. Tapi coba semprotkan silkon cair ini. Melancarkan bagian-bagian yang seret. Misalkan rel kaca jendela yang berupa karet atau besi, engsel-engsel pintu, power window hingga kunci pintu. Juga mampu melapisi permukaan karet jadi lebih licin.

Fuel Treatmen
Mobil tersendat diduga karena ada kotoran hingga air di fuel rail dan tangki bensin? Ketimbang copot tangki, coba tuangkan fuel treatment atau water remover yang bisa bikin homogen cairan asing tersebut. Dikemas 300-400 ml dan dicampur dengan 50-60 liter bahan bakar. Harganya berkisar Rp 25-100 ribu.

Penulis/Foto: Fend / Johan

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa