Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ketemu Macet? Ayo Lewat Jalur Alternatif!

Editor - Kamis, 2 September 2010 | 13:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Enggan lewat jalur utama karena macet? Jangan kuatir, Anda bisa memilih jalur-jalur alternatif. Sepanjang pantauan OTOMOTIF, jalanan yang jadi jalur alternatif kondisinya cukup baik. Meski memang beberapa ada yang masih dalam perbaikan. Mau tahu jalurnya? simak yang berikut.

Sadang-Palimanan

Jalur mudik lewat pantai utara (Pantura) akan bermuara di Cirebon. Dari tahun ke tahun jalur ini selalu padat menyarap saat musim mudik Lebaran. Untuk menghindari jalur ini, bisa pilih jalur alternatif melalui Sadang menuju Palimanan.

Arahkan mobil menuju pintu tol Sadang dan dari perempatan ambil lurus saja menuju Subang. Mulai dari sini, Anda harus mempersiapkan perhatian ke jalan. Sebab sepanjang jalur ini bakal menemui banyak rintangan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Seperti badan jalan yang tidak terlalu lebar, meski kontur aspal relatif mulus, dengan populasi motor dan angkutan umum cukup tinggi di siang hari hingga menjelang buka puasa.

Selanjutnya dari Subang, rute akan mengarah daerah Buahdua. Jalur ini tergolong padat. Anda yang merasa kelelahan nyetir, dapat beristirahat di jalur menuju Buahdua ini. Ada rumah makan ala kadarnya yang menjajakan minuman segar seperti es kelapa muda.

Perjalanan dilanjutkan ke arah Cikamura dan Cijelag, sebelum bisa sampai ke wilayah Kadipaten yang merupakan titik persimpangan menuju utara (Cirebon). Jalur ini perlu diwaspadai terutama bagi yang belum pernah melintasinya saat malam hari. Itu karena lokasi SPBU masih jarang ditambah penerangan jalan yang masih sangat minim.

Menjelang Cijelag, kontur jalan sedikit bumpy dan bergelombang. Saat OTOMOTIF melintasi jalur ini, masih terdapat perbaikan di beberapa ruas jalan menuju Cijelag, yang rencananya bakal dikeraskan dengan beton.

No caption
No credit
No caption

Jalur berkelok dengan kontur tanjakan serta turunan curam, menjadi pemandangan dan tantangan tersendiri mulai dari kabupaten Weleri hingga mendekati Parakan di kabupaten Temanggung, Jateng


Perbaikan ruas jalan masih banyak terjadi di jalur menuju Cijelag


.

Masuk wilayah Kadipaten sudah tergolong aman buat membejek gas agak dalam. Sebab kontur jalan menuju Jatiwangi hingga Palimanan relatif rata dengan aspal cukup halus.

Memasuki wilayah Palimanan, perjalanan bisa dilanjutkan dengan memanfaatkan jalur tol Plumbon untuk menghindari kemacetan pada jalur umum menuju Cirebon.

Weleri -Yogyakarta

Tak selamanya mudik ke Yogyakarta itu lewat jalur Purwokerto. Anda bisa pula memilih jalur alternatif lewat Weleri. Namun di ruas jalur utama yang bisa jadi alternatif ini ada proyek perbaikan jalan. Tepatnya di pertigaan daerah Gringsing, Alas Roban, Jateng.

Titik pertemuan ini sedang dalam tahap pelebaran dan perbaikan, yang dikerjakan PT Semarang Multy Cons (SMC) selaku kontraktor utamanya. Menurut Hardjito, general superintendent SMC, proyek perbaikan jalur jalan ini akan selesai H-10.

Setelah melewati wilayah Gringsing, Jateng, kepadatan arus akan terbagi menjadi dua arah. Ke arah Semarang dan kota lainnya di utara Jateng dan Jatim.Sementara bagi yang hendak melanjutkan ke arah selatan, bisa melintas melalui jalur Weleri menuju Magelang hingga Yogyakarta.

Pada ruas jalur alternatif menuju ke selatan ini, sudah banyak terdapat SPBU Pertamina, seperti di daerah Weleri dan Ngadirejo. Namun ketersediaan bahan bakar jenis Pertamax relatif masih langka di sepanjang jalur ini, dan baru tersedia memasuki daerah Magelang.

Keunikan kontur jalan yang berliku disertai tanjakan dan turunan curam, mengharuskan pengemudi yang baru melintas di jalur ini untuk ekstrahati-hati. Lantaran badan jalan tergolong sempit, terlebih jika berpapasan dengan truk atau bus ukuran medium.Jika merasa lelah, bisa arahkan mobil dan parkir di rumah makan Alam Asri di daerah Sukorejo, Jateng.

Masuk ke kota kabupaten Temanggung hingga kota Magelang, Jateng, banyak terdapat kios-kios yang menjajakan aneka penganan dan oleh-oleh bisa dijumpai dengan mudah.

Selepas kota Magelang, perbaikan dan pelebaran ruas jalan masih dilakukan di Jl. Raya Magelang KM. 3 menuju arah Yogyakarta. Diharapkan saat mendekati musim mudik Lebaran nanti, jalur ini mampu menampung jumlah kendaraan dengan memadai.

Sehingga kemungkinan terjadi kemacetan panjang menuju arah Yogyakarta bisa dihindari.

Penulis/Foto: Oct, Anton / Salim

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa