Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Part Pengganti Suzuki Satria FU150, Stok Kosong Atau Cari Lebih?

Editor - Sabtu, 14 Desember 1901 | 03:53 WIB
Part Substitusi Satria FU150, Kepepet Atau Kemampuan?
Part Substitusi Satria FU150, Kepepet Atau Kemampuan?

OTOMOTIFNET - Penggantian spare-part tak harus pakai barang asli bawaan motor. Kalau kondisi terpaksa, misal stok sedang kosong, maka bisa dicari padanannya.

Bisa juga dipilih lantaran punya kemampuan lebih baik dibanding standar. Seperti terjadi di Suzuki Satria FU150 berikut ini.

Per Kopling
Agar akselerasi lebih nendang, mekanik sering melakukan pergantian per kopling (PK) (gbr.1) standar, dengan yang lebih keras atau part racing. Untuk part ini, bisa mengaplikasi kepunyaan Suzuki Satria 120R atau racing.

Harga masih tergolong murah ketimbang FU, sekitar Rp 55 ribu satu setnya. “Karena bentuk hampir sama, pemasangannya bisa dikerjakan sendiri, kok!,” kata Nasrudin Kamil, dari bengkel Ondol’s Selatan Motor, di daerah Kostrad, Jaksel.

Kampas Kopling

Biasanya pakai punya Suzuki RGR 150 (gbr.2), Thunder 125 atau TS 125. Kampas alternatif ini dipilih karena ekonomis dan tahan lama. Harga orisinalnya (SGP) RGR 150 Rp 65 ribu per lembar. Kalau milik Satria FU Rp 50 ribu per lembar.

“Dimensi semua kampas sama! Pokoknya tinggal pasang,” beber Kahfi Wijaya, mekanik K-22 Motor, di Jl. Gandaria IV, Jagakarsa, Jaksel. Perbedaan di permukaan kampas. Punya Thunder 125, RGR 150 atau TS 125 lebih lebar hampir dua kali dibanding Satria F-150.

Kampas Rem Depan-Belakang
Alternatifnya buat bagian depan bisa adopsi milik Kawasaki Kaze atau Ninja 150R. Karena selain bentuk sama, kampas lebih tebal. Bahannya juga empuk. Harga memang agak mahal dari FU (Rp 25 ribu), punya Kaze dijual Rp 45 ribu.

Di belakang bisa mengambil dari Honda Supra X 125. Di toko onderdil kampas rem belakang Supra X 125 dihargai Rp 52 ribu. “Tapi masa pakainya bisa tahan lama, karena tebalnya,” ujar Chumil, sapaan dari Nasrudin Kamil.

Jarum Pelampung

Peranti ini mulai aus (gbr.4)? Mengatasinya, “Bisa pakai bawaan Suzuki Smash yang dibanderol Rp 40-50 ribuan. Lebih murah Rp 20 ribu dari bawaan asli FU yang dijajakan Rp 65 ribuan,” sahut Chumil.

Daftar Harga:  
Per kopling Satria 120 R RP 55 ribu
Kampas kopling RGR 150 Rp 65 ribu per lembar (SGP)
TS 125 & Thunder 125 Rp 5 - 10 ribu per lembar
Kampas rem (depan) Kawasaki kaze Rp 45 ribu
(belakang) Honda Supra X 125 Rp 52 ribu
Jarum pelampung Suzuki Smash Rp 20 ribu
Bengkel  
Ondols Selatan Motor: 021-99812138
K-22 Motor : 021-97797033
 


Penulis/Foto: Teguh / Teguh

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa