Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lampu Plafon LED, Tinggal Plug And Play!

Editor - Sabtu, 14 Desember 1901 | 03:53 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Gbr 1

OTOMOTIFNET - Kabin remang-remang kayak warung pinggir jalan? Apalagi kalau sampai mati. Ih, amit-amit, deh. Mana enak buat mencari sesuatu di konsol atau dasbor? Segera ganti bohlamnya. Gampang kok, bisa dilakukan sendiri dan tidak perlu alat sama sekali.

Biar tampilan kabin lebih cakep dan terang, bisa juga pilih lampu LED sebagai penggantinya. Ada beberapa tipe lampu LED yang biasa dijual buat pengganti lampu plafon. "Paling banyak yang ukuran 4x6 LED. Yang paling besar, ada yang 6x6, atau 36 LED," bilang Aeng, pemilik gerai variasi Sumber Mas di Pasar Mobil Kemayoran, Jakpus.

Lampu pengganti ini bisa ditemui di berbagai gerai aksesori atau pusat perkakas di mall terdekat. Harganya, untuk ukuran 4x6 yang paling banyak dicari berkisar Rp 100 ribuan (Gbr.1). Memasang lampu LED ini tidak perlu ubahan sama sekali. Proses pemasangan pun tidak perlu alat khusus. Tinggal pasang dan mainkan, plug and play!

No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3
No caption
No credit
No caption

Gbr 4
No caption
No credit
No caption

Gbr 5

Begini prosesnya seperti diperagakan pada Toyota Kijang Innova (Gbr.2). Copot penutup mika lampu plafon pakai jari tangan (Gbr.3). Jangan lupa mematikan lampu lebih dulu sebelum lanjut ke proses berikutnya. Hati-hati, karena lampu panas setelah menyala. Lebih baik menunggu sebentar agar dingin atau pakai pelapis untuk memegang bohlamnya.


Gbr 6

Kalau sudah dingin, angkat bohlam asli dengan menggeser sedikit penjepitnya (Gbr.4). Kemudian siapkan lampu LED pengganti. Dalam rangkaiannya, selain papan PCB tempat LED juga ada kabel yang menghubungkan pada terminal yang mirip bohlam asli.

Ya, bagian itulah yang ditaruh pada posisi bohlam asli buat mengambil setrum (Gbr.5). Makanya tidak perlu ubahan, bukan? Setelah itu coba hidupkan lampunya (Gbr.6). Kalau tidak hidup, berarti terminal tadi terbalik. Segera copot dan pasang berkebalikan sebelumnya. Karena lampu LED punya polaritas, sehingga kutub positif-negatifnya harus sesuai.

Mengakhiri prosesnya, buka double tape di belakang PCB LED. Tempelkan ke rumah lampu plafon. Terus tutup kembali mika lampunya. Kelar deh. Gimana, gampang kan?

Penulis/Foto: Manut / Salim

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa