Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lihat Kode Ukuran Di Dinding Ban, Apa Artinya?

Editor - Sabtu, 14 Desember 1901 | 03:53 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Mau ganti ban mobil? Gampang saja, tinggal datang ke toko ban lalu sebutkan ukuran ban yang kita inginkan. Kode ukuran ban bisa dilihat pada dinding ban. Tapi, apakah kita sudah mengerti maksudnya? Jangan sampai ban yang dibeli ukurannya tidak sesuai dengan spesifikasi yang kita inginkan gara-gara salah sebut atau karena rekomendasi yang salah.

Misalnya kode angka seperti ini, 175/65R13. Masing-masing angka-angka dan huruf itu, mengandung arti. Angka 175 yang satuannya millimeter ini bagi sebagian besar orang dianggap sebagai lebar tapak ban.

Padahal yang benar, angka pertama di depan tersebut menunjukan section width. Section width ini adalah ukuran antara sisi ban, diukur dari bagian dalam ban. Meski hampir sama dengan lebar tapak ban bagian luar tapi section width tetap berbeda.

Angka berikutnya yang dipisahkan oleh garis miring menunjukkan aspect ratio dengan satuannya persen. Aspect ratio ini boleh diartikan sebagai tebal-tipisnya ban. Makin kecil angka aspect ratio-nya maka ban akan semakin tipis dan sebaliknya, bila angka semakin besar ban akan semakin tebal.

Tapi jangan sama ratakan semua ban memiliki aspect ratio yang sama. Aspect ratio sangat bergantung pada ukuran section width masing-masing ban. Karena Aspect ratio dihitung dari persentase section width dibandingkan dengan section height (tinggi dari tapak ban ke bibir ban, diukur dari sebelah dalam ban).  

Kemudian ada huruf R di belakang aspect ratio. Jangan mengartikan kode ini sebagai “ring” atau diameter ban. “Karena sebenarnya kode huruf ini menunjukkan tipe konstruksi ban itu sendiri,” jelas Adang Apandi, Manager-Product Technical, PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban GT Radial dan IRC.

Ada tiga kode yang menunjukan tipe konstruksi ban itu sendiri, yaitu R = Radial, B = Bias-Belted dan D = Diagonal (bias). Barulah angka setelah huruf ini yang menunjukan diameter ban. Angka tersebut menunjukkan diameter ring pelek dalam satuan satuannya inci.

Tapi ingat, khusus buat ban off-road ada kode lain yang sering digunakan. Selain berbeda kode ini lebih mudah dibaca. Misalnya ukuran ban 31x10.5-16. Berarti diameter terluar ban 31 inci, lebarnya 10,5 inci dengan lingkar pelek 16 inci. 

Mudah bukan?

Penulis/Foto:Popo

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa