Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Kampas Kopling Sentrifugal CVT? Pilih Racing Atau Substitusi

Editor - Sabtu, 14 Desember 1901 | 03:53 WIB
Mau Ganti Kampas Kopling Centrifugal CVT? Bisa Pilih Racing, Substitusi Atau Pantek!
Mau Ganti Kampas Kopling Centrifugal CVT? Bisa Pilih Racing, Substitusi Atau Pantek!

OTOMOTIFNET - Kampas kopling centrifugal berfungsi menjepit mati rumah kopling saat belt bergerak. Namun seringkali kalah melawan torsi yang dihasilkan mesin saat akselerasi awal. Berujung terjadinya gejala selip karena kampas tak kuat menahan rumah kopling. Menjadi percuma meski tenaga mesin sudah besar.

Ngakali kampas kopling centrifugal bisa beragam cara. Dari mengganti assembly unit versi racing, substitusi dari merek lain dengan spesifikasi lebih baik atau melakukan ubahan sendiri pakai material dan desain sesuai kebutuhan. Untuk yang terakhir, istilah kerennya kopling pantek.

Cara pertama tentu paling praktis karena merek aftermarket berembel-embel racing seperti LHK, CLD, Kawahara atau TDR sudah menyediakannya untuk skutik kesayangan. Tetapi jangan kaget bila harganya juga di atas rata-rata. 

“Bila kampas standar harga antara Rp 250-275 ribu, versi racing bisa di atas Rp 300-350 ribu,” jelas Edi dari Kencana Motor Sport di Kemanggisan, Jakbar.

Ini lantaran kualitas barang yang diklaim lebih baik dari standar dan asal-usul barang yang masih impor dari luar negeri.

Cara kedua, melakukan substitusi dari kampas kopling merek lain. Semisal kampas kopling centrifugal Honda BeAT yang punya dimensi kampas lebih lebar dan panjang tetapi bisa langsung pakai ke Yamaha Mio. Dengan harga lebih bersahabat, cengkeraman kampas centrifugal ke rumah kampas bisa lebih yahud.

Cara terakhir yang lazim disebut kampas pantek. Prosedurnya sama dengan proses pantek kopling atau rem di mobil. Tinggal bawa sepatu kampas untuk dipantek kampas anyar. “Bahannya beragam mulai dari kualitas biasa sampai yang heavy duty,” jelas Widodo dari Anugrah Jaya, spesialis kampas pantek di sentra onderdil Taman Sari, Jakpus.

Semakin bagus bahan, kian mahal harganya. Mulai material merek Akebono hingga Caterpilar. Untuk 1 set kampas kopling sentrifugal (3 buah) harga antara Rp 125-175 ribu.

Meski pemasangannya menggunakan lem, kekuatannya dijamin hingga 1 tahun. “Ketebalan dan dimensi bisa diatur sesuai kebutuhan,” ungkap Widodo lagi.

Penulis/Foto: Kl:X / KLX

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa