Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cuma Klik Knalpot Dan Karbu, Power Kawasaki Ninja 250R Terdongkrak 2 DK

Editor - Sabtu, 14 Desember 1901 | 03:53 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Performa dari mesin 4 tak 2 silinder segaris 8 klep DOHC milik Kawasaki Ninja 250 cc terbilang mantap. Di atas kertas mampu menyemburkan tenaga 31,4 dk/11.000 rpm. Namun kalo Anda masih berasa kurang, bisa diupgrade lebih gokil (gila) lagi.

Tiga bengkel piawai soal Ninja nopekgo (Motor City, Ngayun Speed dan Sportisi Motorsport) siap meladeni kemaun speedgoers semua. Eit, tapi patokannya bukan budget, lo. Melainkan kenaikan dk (daya kuda) sebesar 2 dk. Dahsyat..!

Motor City (MC)

Sebenarnya bengkel di Jl. Ir H. Juanda No.5 Ciputat, Tangerang ini, merupakan bengkel resmi Kawasaki. “Namun untuk memenuhi keinginan pemilik Ninja 250R, kami juga menerima upgrade performa,” buka Andi Agus, kepala bengkel MC.

Prestasi yang ditorehkan oleh kerja tangan dingin mekanik yang biasa disapa Andi ini cukup mantap. Di antaranya juara umum OMR Ninja 250R dan supporting race GP Mono kelas standar dan tune-up tahun 2009.

Seperti apa racikan Andi untuk penggunaan harian? “Untuk kenaikan 2 dk hanya ganti knalpot buatan CLD tipe Phyton. Lalu setting ulang karburator berupa penggantian jarum skep, pilot jet dengan angka sekitar 40-42, lalu main jet antara 102-105, tergantung permintaan mesin.”

Pengerjaan hanya butuh waktu satu jam. Sedang garansi diberikan selama 2 minggu.

Ngayun Speed (NS)

Cukup tenar di kalangan pemilik Ninja 250R. Karena riset untuk menaikkan performa oleh bengkel di Jl. Panjang No.1, Kebon Jeruk, Jakbar ini cukup berani. Seperti ganti piston, karburator, knalpot, sampai pengapian.

Namun untuk meraih kenaikan tenaga sebesar 2 dk, tentu tak seheboh itu. “Cukup ganti knalpot buatan CLD, setting ulang pilot jet dan setel angin. Lalu untuk memaksimalkan penyaluran tenaga, per kopling ganti yang lebih keras pakai buatan Barnett,” terang Asep Supriyadi, mekanik NS.

Jika barang sedang tersedia, pengerjaan tak lebih dari 2 jam. Lalu garansi pengerjaan diberikan tanpa batas, “Pokoknya kalau merasa belum enak, silakan kembali,” ujar Ari Dwiantoro, salah satu bos NS.

No caption
No credit
No caption

Biar maksimal, spuyer di setting ulang

Knalpot CLD diandalkan oleh dua bengkel

Sportisi Motorsport (SM)

Workshop di Jl. Cempaka Putih Raya No. 112D, Jakpus ini cukup banyak konsumennya. Bahkan hingga keluar negeri, karena banyak part produksi SM yang diekspor ke beberapa negara, seperti Amerika dan Malaysia.

Paket upgrade performa hingga 2 dk untuk Ninja 250R ternyata cukup simpel. “Hanya pakai knalpot SM dan setting ulang karburator pakai jetting kit buatan SM juga. Ketemunya biasanya jarum skep di klip nomor 2 dari atas, dan main jet 98,” terang Wahyu Dwinanto, kepala bengkel SM.

Menariknya, kenaikan tenaga benar-benar terpantau, karena tersedia dynamometer. Jadi sebelum dan sesudah dioprek diukur tenaganya. Pengerjaan gak lama lo, hanya sekitar 1 jam. Garansi pengerjaan tak terbatas, sedang knalpot dijamin selama 3 tahun.

Paket  ala MC
Knalpot CLD tipe Phyton
2,2 juta
Jetting Kit Dyno jet
1 juta
Jasa 150 ribu
Total 3,35 juta
Motor City 021-7419011
Paket  ala NS
Knalpot CLD + pasang
2,8 juta
Pilot jet + setting
300 ribu
Per kopling Barnett
350 ribu
Total 3,45 juta
Ngayun Speed: 0818-737101 / 0856-95947868
Paket  ala SM
Knalpot SM VR6 + pasang
2,2 juta
Jetting kit SM + setting
650 ribu
Total 2,85 juta
Sportisi Motorsport
021-32244588


Penulis/Foto: Aant / Salim, Aant

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa