Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jakarta Lumpuh Akibat Hujan, Bisnis Otomotif Merugi Miliaran Rupiah Sehari

Bagja - Rabu, 22 Januari 2014 | 06:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Curah hujan cukup deras dalam sepekan ini di Jabodetabek, khususnya lagi Jakarta, membuat hampir seluruh wilayah di Ibukota terendam. Akibatnya, tak cuma telah melumpuhkan aktivitas masyarakat, roda perekonomian pun bisa dibilang "pingsan". Termasuk bisnis jual-beli mobil baru dan bekas berikut aksesori.

"Beberapa pusat bisnis di Jakarta hampir berhenti total akibat akses jalan tergenang dan tidak bisa dijangkau oleh pengunjung atau konsumen. Seperti Kawasan Mangga Dua, Kelapa Gading, dan Jatinegara," ujar Wakil Ketua Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang kepada Otomotifnet, kemarin (21/1).
No caption
No credit
No caption

Di sektor bisnis otomotif, kerugian diperkirakan mencapai Rp 40 miliar per hari. Di Kelapa Gading, Jakarta Timur, para importir umum, showroom dan dealer terpaksa menghentikan aktivitas akibat akses masuk ke sentra otomotif digenangi air cukup tinggi. 

“Perputaran bisnis di wilayah ini nyaris lumpuh sejak hari sabtu (18/1) lalu hingga saat ini,” jelas Edi dari showroom mobil built up, yang berada di Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading. Normalnya, lanjut Edi, dalam satu hari ada perputaran uang sekitar Rp 100 juta sampai Rp 300 juta di tempatnya. Sementara di Kelapa Gading terdapat sekitar 20 gerai. Jika diakumulasikan omset dalam sehari mencapai miliaran rupiah. 

Selain di wilayah Kelapa Gading, sentra aksesori kendaraan bermotor di Jl. Oto Iskandardinata (Otista), Jakarta Timur pun terkena imbasnya. Kerugian diperkirakan ratusan juta setiap harinya. 

“Sampai saat ini sudah 5 hari belum beroperasi,” jelas Hendi dari Hokie Motor. Jika dihitung kerugiannya, satu tokonya bisa mencapai omset Rp 30 – Rp 50 juta perharinya saat hari biasa. Di wilayah ini ada sekitar seratusan toko yang juga menutup bisnisnya akibat bencana banjir ini.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa