Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seandainya Metromini dan Kopaja Seperti Ini

Bagja - Jumat, 25 September 2015 | 13:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Amsterdam - Metromini dan Kopaja sebenarnya contoh ideal secara fungsi dan efisiensi sebagai angkutan umum di perkotaan. Muatannya bisa banyak, tapi dimensi tubuhnya tidak terlalu besar. Sayang, kualitas, kenyamanan dan keamanan tidak menjadi prioritas layanan.

Bandingkan dengan yang akan diterapkan Pemerintah di Belanda untuk angkutan umum. Sebuah minibus yang bahkan tidak butuh supir, alias bisa melaju sendiri secara otomatis bakal melayani masyarakat. Canggih, nyaman, juga aman, karena tidak dikemudikan supir ugal-ugalan.

Tidak hanya kereta khusus yang bisa dijalankan tanpa supir di tengah kota, sebentar lagi di Belanda akan diberdayakan mobil otonom sebagai angkutan umum, berupa minibus yang bisa berjalan sendiri secara otomatis.

Adalah WEpods, yang dalam pengujiannya telah melakukan perjalanan dalam kondisi menantang, seperti lalu lintas di jam sibuk, malah hari dan bahkan saat cuaca buruk. Minibus tersebut juga bisa dijalankan di jalan raya dengan kecepatan 25 kpj. 

Tak perlu lintasan khusus, karena bisa melaju sesuai dengan kondisi dan regulasi jalan raya yang tersedia, namun sebuah ruang kontrol akan terus melakukan pemantauan pada tiap-tiap armadanya. 

WEpods punya kapasitas 12 penumpang, berbentuk layaknya sebuah bus kota namun tidak ada perbedaan antara tampang depan dan belakang. Anda bisa meminta berhenti disuatu tempat, atau diantarkan ke tujuan tertentu hanya melalui smartphone.

Selama ini WEpods dijalankan di ParkShuttle di Rotterdam, Heathrow Pod di London dan Lutz Pathfinder di Milton Keynes. Wah, kapan ya TransJakarta di Indonesia bisa seperti itu? (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa