Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha RX-Z 1990, Semangat Bernostalgia

Otomotifnet - Rabu, 28 Oktober 2015 | 08:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Makin tua bukan hilang ditelan waktu, Yamaha RX-Z yang pada zamannya dikenal punya desain sporti dan mesin bertenaga ini malah jadi incaran kolektor. Banyak yang ingin nostalgia pada motor 2-tak ini. Salah satu yang terjangkit virus adalah Jeff Lauw.

Ia bersemangat membangun ulang RX-Z miliknya yang sudah lebih dari 10 tahun nangkring di gudang rumah. “Awalnya denger cerita dari temen yang abis dari Malaysia, kalau di sana Yamaha RX-Z masih jadi tren. Udah gitu, sparepart-nya pun gampang didapat,” beber pria berkulit putih yang akrab disapa Jeff ini.

Motor penuh debu saat dikeluarkan dari persembunyiannya di gudang. “Sangat parah, kabel-kabel pada putus digigitin tikus, bodinya banyak yang retak dan pecah,” kenangnya. Setelah dibersihkan dan dipreteli, ternyata mesin sudah enggak layak. Boringnya baret dan beberapa part lainnya juga sudah harus diganti.

Solusinya, semua ganti baru! “Sebagian besar pakai OEM yang ditebus langsung dari Malaysia dan sebagian pakai part aftermarket seperti piston kit lengkap dengan blok buatan Malaysia,” terangnya. Setelah mesin beres dan berfungsi normal, bodi RX-Z Catalyzer Malaysia jadi incaran.

Ia mengaku tertarik karena desainnya lebih langsing dan tidak kaku. Cover lampu lebih besar dari versi Indonesia dan punya buntut lebih panjang. “Hasil akhirnya lebih keren dari versi RX-Z Indonesia,” yakin Jeff. Untuk mendapatkan bodi set ini, langsung order ke rekanan di Malaysia.

“Biar sekali jalan dan irit ongkos kirim, saya juga langsung order beberapa aksesori seperti, cakram lengkap dengan kaliper 4 piston, footstep pembonceng milik RX-Z Catalyzer, steering damper Racing Boy dan beberapa pernik lainnya,” jelas pria ramah yang juga pemilik bengkel JS Bike’s Shop di Jl. Kembangan Baru, Jakbar.

Hanya butuh waktu seminggu hingga semua pesanannya sampai di tangan, sambil menunggu, mesin dipasang lengkap dengan merapikan kabel bodi yang dibelinya dalam kondisi baru. Sebelumnya, Ia juga melakukan pengecatan rangka agar lebih fresh. Saat baju baru datang, ternyata ada masalah, karena lebih panjang maka butuh bracket di sub frame sepanjang 15 cm.

Finishing, bodi dicat ulang dengan warna merah-putih menyesuaikan warna dan striping RX-Z Catalyzer Malaysia. Kaki-kaki dikrom biar terlihat resik. “Seneng banget bisa kembali ngetren dan jadi pusat perhatian di jalan,” tutupnya bangga. Oke deh!  (motor.otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Cover headlamp versi Malaysia ini lebih besar dan lampunya lebih kecil

No caption
No credit
No caption

Sektor setang terlihat rapi

No caption
No credit
No caption

Pelek andalkan merek BRT Chemco, dengan ban Zeneos ZN62

No caption
No credit
No caption

Agar bodi belakang bisa terpasang, Jeff menambahkan plat sepanjang 15 cm untuk pegangan


Buntutnya ramping, lampu belakang mirip Yamaha 125Z, ciri khas RX-Z Malaysia


DATA MODIFIKASI:
Reservoir cover : X-Race
Selang Rem : KTC
Handgrip : Domino
Master Rem : OEM Ninja
Headlamp : LED
Bodi : Yamaha RX-Z Catalyzer Malaysia
Pelek : BRT Chemco ring 17 inci
Ban : Zeneos ZN62
Swing Arm : Angelic Alumunium Malaysia
Kaliper : PSM 4 Piston
Piringan Cakram : Der 260 mm
Steering damper : Racing Boy
Footstep rest : RX-Z Catalyzer
Blok mesin : Shark Malaysia oversize 0
Piston : Trim Malaysia
Ring Piston : TPR Japan
Karburator : PE 28 Oem Honda NSR 150
Koil : Suzuki RM 85
Per kopling : RMG
Kampas kopling : Nipon Japan
JS Bike’z Shop : 085217686116

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa