Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Selamat Datang di Tempat 'Tercepat' di Muka Bumi

Bagja - Senin, 30 November 2015 | 20:23 WIB
No caption
No credit
No caption

Salt lake City - Kurang dari dua jam perjalanan dari Salt Lake City, kita akan menemukan tempat misterius. Sebuah tempat yang sebenarnya lebih mirip di bulan. Tapi ini ada di bumi, Bonneville Speedway. Inilah tempat 'tercepat' di muka bumi.

Julukan tempat 'tercepat' sendiri mengacu karena disinilah para pengejar rekor kecepatan di dunia mencatatkan rekor kecepatannya. Lokasi Bonneville Speedway sebenarnya hanya berupa dataran garam yang gersang, datar dan keras. Seperti hamparan salju, padahal garam.

Sir Malcolm Campbell adalah orang pertama yang menetapkan World Land Speed Record pada tahun 1935, menjadi orang pertama yang mengemudi di atas 482 kpj. Bayangkan, tahun 1935 manusia sudah bisa mengemudi secepat hampir 500 kpj! Dan hanya disini semua itu bisa dilakukan, bukan di tempat manapun di dunia.

No caption
No credit
No caption
"Belly Tankers" salah satu kendaraan untuk memecahkan rekor kecepatan

Bonneville seperti berada di bulan, benar-benar sebuah dunia yang berbeda. Kebanyakan orang-orang memacu kendaraan secepat mungkin di tanah ini saat 'kering' antara Agustus dan Oktober.

Setiap tahun, pecandu adrenalin dari seluruh dunia turun di tanah datar tersebut untuk menambahkan nama mereka ke buku rekor dengan mengandalkan berbagai jenis kendaraan darat, mulai dari mobil hotrod, roadster, streamliners, juga sepeda motor.

"Lanskap berbeda dengan apa yang pernah Anda lihat, seperti sebuah dunia yang sama sekali berbeda." komentar Alexandra Lier photographer asal Hamburg yang mengabdikan dirinya selama 16 tahun untuk mengabadikan ajang cetak rekor kecepatan dunia di Bonneville Speedway.

Komentar serupa diungkapkan pemegang rekor kecepatan darat sepeda motor tujuh kali dan drag racer, Valerie Thompson. Pada tahun 2014 ia dianugerahi keanggotaan seumur hidup Red Hat Club setelah memacu motor BMW S 1000 RR dengan kecepatan 334 kpj.

Valerie Thompson dengan motor BMW S 1000 RR

"Bonneville seperti berada di bulan, itu benar-benar sebuah dunia yang berbeda. Namun, tenang, dan bulat. Mata Anda hanya dibatasi oleh jarak," kata Thompson.

"Anda akan mengalami cuaca yang ektrem dalah satu hari, entah itu panas terik, hujan yang merendam garam menjadi lumpur, atau dingin yang membuat anda tak berkutik, namun semuanya begitu tenang," tambahnya. (Bagja)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa