Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setelah 17 Tahun, Sebastien Loeb Pisah dengan Citroen

Selasa, 1 Desember 2015 | 20:50 WIB

Perancis – Pereli legendaris Sebastien Loeb pamit berpisah dengan Citroen setelah menjalin hubungan selama 17 tahun yang memberinya 78 kemenangan serta 9 gelar juara dunia di kejuaraan dunia reli (WRC).

Sebastien Loeb yang memulai karier di reli sejak 1998 dengan Citroen, berkompetisi di WRC mulai 1999 dan tampil penuh satu musim bersama tim reli Citroen sejak 2003, menjadikannya pereli terbesar sepanjang masa dalam sejarah WRC.

Setelah 9 kali juara dunia bertutut-turut (2004-2012), Loeb memutuskan mundur dari WRC di akhir musim 2012. Di tahun-tahun berikutnya hanya tampil di satu-dua event WRC.

Kemudian karier di balap mobil turing (WTCC) bersama tim Citroen, menduduki peringkat 3 klasemen pada musim 2014 dan 2015 dengan 20 kali naik podium, 6 di antaranya podium pertama.

“Sebuah kisah yang indah berakhir, tetapi saya tidak menyesal. Justru saya memiliki kenangan hebat,” kata pria asal Perancs berusia 41 tahun ini.

“Sejak awal tahun 2000-an, Citroen telah dekat dengan hati saya. Saya mendapatkan momen luar biasa yang tidak bisa saya bayangkan ketika saya masih muda,” tutur Loeb yang mantan atlet senam tingkat nasional.

Loeb pun mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah memberinya kesempatan untuk merasakan apa yang ia gemari, juga orang yang menemaninya (mekanik, engineer, termasuk co-drivernya Daniel Elena) sehingga bisa meraih kemenangan.

“Rekan-rekan itu menjadi teman saya semua. Keluarga kedua seperti yang mereka katakan. Saya hanya bisa mengucapkan kata: terima kasih,” imbuh Loeb.

Chief executive Citroen, Linda Jackson mengumumkan tahun depan Citroen mundur dari arena WRC. Mereka akan fokus pada pengembangan mobil untuk kompetisi 2017.

Di WRC, Citroen terakhir menang di Argentina tahun ini lewat pereli Inggris, Kris Meeke. Terakhir kali juara dunia pabrikan pada 2012 ketika diperkuat Loeb dan Mikko Hirvonen.

“Dalam 15 tahun terakhir, Sebastien Loeb dan Citroen telah membuat sejarah bersama-sama. Ini menjadi masa-masa luar biasa yang akan meninggalkan tanda abadi di dunia motorsport. Kami berterima kasih kepadanya untuk semua kemenangan ini, gelar juara dan rekor,” ucap Linda.

Di cabang WTCC, pabrikan asal Perancis ini mundur usai kompetisi 2016. Jumlah pembalapnya pun menyusut dari empat di tahun ini nanti menjadi dua, Jose Maria Lopez dan Yvan Muller. Loeb tidak lagi menjadi bagian dari tim.

Loeb akan bergabung dengan Peugeot Sport yang juga masih keluarga Citroen, di arena reli Dakar pada Januari 2016. (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa