Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Cara Polda Metro Jaya Melegalkan Balap Liar

Harryt MR - Selasa, 12 Januari 2016 | 17:16 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta- Demi mengurangi dampak aksi balap liar yang merebak di DKI Jakarta, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tengah menyusun organisasi yang mewadahi aksi balap liar. Tujuannya agar dapat terkoordinasi sekaligus sebagai sarana mengakimodir bakat para pembalap jalanan.

Dalam diskusi yang digelar di Aula TMC Polda Metro Jaya (12/1). Telah disepakati susunan organisasi yang mewadahi kegiatan balap liar. Organisasi ini nantinya akan dibawah langsung Gubernur DKI Jakarta sebagai pelindung, kemudian diketuai oleh Dirlantas Polda Metro Jaya.

Selain itu, Dinas Pemuda dan Olah Raga bersama PP Ikatan Motor Indonesia (IMI) juga dilibatkan sebagai tim teknis yang mengatur regulasi dan merancang event.

Rencananya kegiatan balap akan dihajat layaknya kegiatan car free night.

"Kita laksanakan seperti car free night. Nanti ada surat rekomendasi dari kepolisian terkait pengamanan. Hal ini harus konsisten. Kita setuju dibentuk tim marketing agar bersinergi dengan para pemangku kebijakan dan stakeholder. IMI harus segera menyusun regulasi," jelas Kombes Pol. Risyapudin Nursin.

Perwakilan Pemda DKI Jakarta, Primus Wawo selaku Kabid Kewaspadaan Kesbangpol provinsi DKI Jakarta, mengapresiasi atau mendukung secara penuh dalam rangka mengantisipasi agar terorganisir.

"Fokus organisasi tingkat propinsi. Lokasi harus kordinasi dengan dinas terkait. Yakni bina marga dan tata air," bilang Primus.

Masih menurutnya, anggarannya juga dipertegas sehingga jelas. "Kita sarankan bentuk di tingkat propinsi dulu. Selanjutnya kita arahkan per wilayah. Kita fasilitasi nanti. Tongkat komando kita yang pegang," imbuhnya.

Jika kebijakan ini berhasil, maka diharapkan DKI Jakarta bisa menjadi contoh untuk propinsi lainnya. "Diharapkan dapat dicontoh oleh propinsi lain. Lokasi balap liar ada di setiap kotamadya. Musalnya Jakarta Pusat itu sering digelar di Jl. Asia Afrika, Kemayoran, bahkan hingga depan Istana Negara," lanjut Kombes Pol. Risyapudin, Dirlantas Polda Metro Jaya.

Lantas apakah kegiatan balap liar yang dilegalkan tak akan menganggu kelancaran lalu lintas?

"Polisi akan melakukan rekayasa arus. Kita maunya ini langsung action. Mungkin di bulan Februari. Setelah diskusi ini kita akan langsung buat tim inti untuk technical meeting," pungkas perwira menengah itu. 

Kombes Pol. Risyapudin Nursin (tengah), 'legalisasi' balap liar akan segera dikoordinasikan dengan pihak Pemprov DKI Jakarta

Baca: Balap Liar Akan Dilegalkan?

 

Editor : Harryt MR

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa