Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifkasi Yamaha Scorpio Z, Cafe Racer Montok

Otomotifnet - Jumat, 22 Januari 2016 | 14:11 WIB
Yamaha Scorpio garapan Studio Motor
Otomotifnet
Yamaha Scorpio garapan Studio Motor

Tangsel - Sedikit berbeda dari jarahan modifikasi cafe racer sebelumnya, Dony Arianto dari Studio Motor (SM) ingin memasang kaki-kaki gendut. Ban Firestone Ribbed ukuran 5.00x16 inci sengaja diincar. Tapi enggak asal pasang, untuk mewujudkannya, seonggok Yamaha Scorpio keluaran 2008 disiapkan.

“Pakai ban gendut seperti ini butuh mesin dengan torsi besar, makanya saya memilih Scorpio yang dijadikan target operasi," jelasnya sambil tersenyum.

Makin klop, ban yang cukup langka di Indonesia ini dikawinkandengan pelek aluminium berlabel TDR dengan lebar 3.00x16 inci di depan dan 3.50x16 inci untuk belakang. "Awalnya sempet kepikiran pakai teromol besi bikinan saya, tapi setelah dipikir-pikir, udah terlalu biasa." terang Dony.

Alhasil setelah ngubek-ngubek gudang, Ia menemukan sepasang teromol Conical drum brake milik motor lawas BSA-Triumph. "Dengan dua teromol ini makin kental kesan klasiknya," papar Dony yang bengkelnya ada di Bintaro, Tangsel.

Sebelum dipasang, teromol depanbelakang dengan desain unik ini dipoles dulu hingga kinclong, keren! Sebelum membuat tangki dan bodi baru, sub frame terlebih dahulu ‘dirusak’, kini bentuknya jadi lebih flat. Sedang untuk ubahan bodi, pelat galvanis diandalkan. Tangkinya cukup nyeleneh bergaya tear drop, meski begitu tetap serasi dengan buntut tawon yang tidak terlalu besar.

Modifikator yang doyan pakai kemeja flannel ini memasang setang jepit di bawah segitiga atas sokbraker Yamaha Byson berdiameter 41 mm. “Posisi riding jadi semakin menuduk ala pembalap," bebernya.

Sedang sok belakang andalkan Ohlins tipe tabung yang untuk memasangnya mengharuskan bikin dudukan baru di sasis, sebelumnya motor ini kan pakai monoshock. Menguatkan kesan racing, penghobi fotografi ini pasang logo Marathon Petroleum di tangki, perusahaan minyak asal Amerika Serikat yang aktif di balap NASCAR.

Mau balap antar cafe? Ayuk! • (otomotifnet.com)

Plus:
- Detail pengerjaan rapi

Minus:
- Pasang spionnya dong bro!

Data Modifikasi
Body Custom: Studio Motor
Stang: Ride It
Headlamp: BSA
Sein: Aftermarket
Sok depan: Yamaha Byson
Sok belakang: Ohlins
Teromol depan: Triumph model Conical
Teromol belakang: BSA model Conical
Pelek depan: 3.00x16 inci
Pelek belakang: 3.50x16 inci
Ban: Firestone Ribbed 5.00x16 inci
Knalpot: Custom by STUDIO MOTOR
Studio Motor: 081219723968

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa