Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Konversi Yamaha Xeon RC dan GT125 Jadi Aerox 125LC? Bisa Saja, Cuma...

Denta - Senin, 18 Januari 2016 | 23:11 WIB
Yamaha Aerox 125 LC dan Soul GT 125
Otomotifnet.com
Yamaha Aerox 125 LC dan Soul GT 125

Otomotifnet.com - Aerox 125LC yang baru dirilis Yamaha pada dasarnya mengambil basis platform dari Xeon RC dan GT125 yang telah beredar sejak beberapa tahun lalu. Baik dari rangka hingga mesin mayoritas memiliki kesamaan dengan pendahulunya tersebut.

Kemudian muncul pertanyaan, apakah bisa Xeon RC dan GT125 dimodifikasi menjadi Aerox 125LC? "Bisa saja, tinggal belikan semua part bodi punya Aerox 125LC kemudian tinggal pasang di Xeon RC atau GT125. Semua dudukan bodi yang nempel ke rangka banyak kesamaan, jadi minim ubahan," jelas M. Abidin, GM Technical Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Ubahan yang agak ribet ada di sektor setang dan jalur kabel kelistrikan. Cukup banyak perbedaan antara Aerox 125LC dengan Xeon RC atau GT125. Misalnya pada bagian headlamp yang sudah LED, letak lampu sein yang terpisah dari headlamp atau lampu rem, setang tipe telanjang seperti Yamaha X-Ride, dan lainnya.

Sedangkan untuk biaya konversi belum diketahui secara detail, dikarenakan Aerox 125LC masih terbilang sangat baru sehingga harga dan ketersediaan spare part-nya pun belum keluar. Terlebih banyak komponen yang masuk dalam kategori slow moving, jadi dibutuhkan kesabaran untuk menunggu ketersediaan part di bengkel resmi Yamaha. Jadi sabar dulu yaa! (motor.otomotifnet.com)

Editor : Denta

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa