Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Lower Arm Aftermarket Kujira, Bolt-On Murah Meriah

Otomotifnet - Jumat, 12 Februari 2016 | 08:14 WIB

Jakarta - Bushing arm merupakan salah satu komponen kaki-kaki yang cukup sering rusak, jika intensitas yang cukup sering melalui jalanan yang kurang bagus. Apalagi panas dari ruang mesin juga berpengaruh pada umur pakainya.
Cara mendeteksi paling mudah dengan melihat langsung fisiknya. Biasanya terlihat ada retakan atau sobek pada karet. Bisa juga kondisi bushing tidak sesempurna ketika masih baru atau dalam keadaan baik. Tentu sebaiknya membawa kendaraan ke bengkel resmi atau terpercaya untuk dianalisa.

Kalau mau menganalisa sendiri bisa dengan 2 metode. Mendengarkan bunyi salah satu langkah awal. Biasanya akan terdengar bunyi seperti karet kering, kriet-kriet saat melewati jalan berlubang.
Tapi haruslah dipastikan bunyi tersebut sumbernya dari kaki-kaki kendaraan. Jika sudah mendengar suara kriet-kriet, cobalah untuk melewati jalan bergelombang atau marka jalan. Bushing yang rusak akan mengubah sedikit arah mobil meski setir tidak digerakan.

Kalau sudah begini, solusinya mesti ganti bushing arm. Namun pengerjaannya kalau hanya mengganti bushing arm memakan waktu, karena harus dipres untuk mengeluarkan bushing yang rusak dan proses memasang yang baru pun juga harus dipres. Tapi jangan takut ada opsi yang lebih mudah. Ganti saja sekalian dengan lower arm komplet. Ambil contoh Nissan X-Trail T31, harga lower arm versi orisinal mencapai Rp 1,5 juta per unit. Bayangkan jika harus mengganti kanan dan kiri Rp 3 juta belum termasuk ongkos pasang.

“Tapi kini sudah ada versi aftermarket merek Kujira yang dibandrol Rp 250 ribu per unit,” terang Billy Wibisono, Automotive Product Manager PT Dirgaputra Ekapratama, produsen Kujira. Selisih yang sangat banyak dengan versi orisinal. Lantas gimana dengan bahan dan daya tahannya? “Daya tahan hampir setara dengan versi genuine. Bukan menggunakan bahan yang sama, tapi setara,” klaim Billy. Sudah banyak beredar di toko-toko suku cadang di Indonesia untuk versi aftermarket ini. Jadi balik lagi ke konsumen mau pakai genuine atau aftermarket. • (otomotifnet.com)

 

1. Produk aftermarket Kujira buatan lokal, maka dari itu harganya cukup bersahabat. Finishing produknya juga rapi terlihat dari potongan karet dan arm

2. Untuk memasangnya tentu harus membuka roda terlebih dahulu

3. Sebaiknya bawa ke bengkel umum untuk memasangnya karena peralatan yang dibutuhkan cukup banyak

4. Sebelum lower arm terlepas, link stabil perlu dilepas agar tidak menyulitkan saat membongkar

5. Tinggal bolt on tanpa mengubah apapun karena modelnya sama persis dengan versi genuine

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa