Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Rider Bukanlah Pembalap Biasa

Jumat, 29 Januari 2016 | 15:41 WIB
No caption
No credit
No caption

Otomotifnet -  Dengan aturan pembatasan membuat pembalap reguler minim adaptasi dan kurang maksimal soal persiapan kuda besinya tahun ini. Celah itu coba dipecahkan dengan mengontrak pembalap penguji yang mumpuni.

Kualifikasi test rider di MotoGP musim ini pun bukanlah pembalap sembarangan. Mereka rata-rata sudah mengantongi jam terbang tinggi dan berpengalaman. Bahkan sudah pernah mengalungi gelar juara dunia.

Sebut saja Ducati yang mengontrak Casey Stoner. CS27 ini adalah juara dunia MotoGP 2007. Atau ada nama Colin Edwards yang didaulat menjadi joki penguji tim pabrikan Garpu Tala.

No caption
No credit
No caption
Ducati mengontrak Casey Stoner jadi test rider karena dia pernah juara dunia

Malah yang terkini yaitu KTM yang meminang 4 pembalap tes sekaligus dengan kualifikasi tidak main-main. Mereka adalah Alex Hofmann (MotoGP 2002-2007), Mika Kallio (MotoGP 2009-2010, Moto2 2011-sekarang), Randy de Puniet (MotoGP 2006-2014) dan Thomas Luthi (Juara dunia GP125 2005, GP 250/Moto2 2007-sekarang).

Pasukan KTM MotoGP mengontrak 4 pembalap tes sekaligus demi performa motor yang mumpuni

Fungsi test rider tak semata memberikan masukan terkait kekurangan dan kelebihan kuda besi, melainkan juga menjadi penyambung lidah bagi pembalap reguler perihal pengembangan motor. Sehingga saat motor yang telah dijajal test rider kemudian dipakai joki reguler tak ada kendala.

"Peran test rider tak semata menguraikan kelebihan dan kekurangan tunggangan. Namun bagaimana masukan dari test rider bermanfaat bagi joki reguler untuk meraih prestasi maksimal," ujar Casey Stoner peraih juara dunia MotoGP 2007.

kesimpulannya, musim ini bukan hanya pembalap reguler semata yang mampu mempengaruhi hasil kompetisi balapan. Peranan test rider yang menyokong pembalap utama pun berpengaruh pada hasil MotoGP musim ini. (otosport.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa