Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Mocil GP, Lembur Sampai Kencang!

Dimas Pradopo - Kamis, 25 Februari 2016 | 16:39 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Mocil GP M Nurgianto

Jakarta - Biar cuma main-main dan cari keringat, nyatanya banyak pembalap nasional yang turun gunung. Dan yang paling heboh adalah M Nurgianto Ia pegang best lap timing di sirkuit Pitstop Karting, Pantai Indah Kapuk yang jadi tempat berkumpulnya pecinta Mocil GP.

M Nurgianto, pembalap yang skill-nya masih diperhitungkan di kancah balap underbone nasional, benar-benar membangun motornya dengan penuh perhitungan.

“Iya tuh, karena penasaran sampai lembur di bengkel garap Mocil GP,” kekeh Ergus Oei, pemilik gerai R59 Racing, tempat pembalap yang nengok saat dipanggil Anto ini biasa ngoprek tunggangannya.

No caption
No credit
No caption
Nih kruk as barunya, benarbenar bulat sukses dongkrak torsi

Awalnya, Ia mengaku hanya utak-atik blok silinder hingga membran. “Tapi lap time cuma beda tipis dari sebelumnya,” beber Anto. Akhirnya, ubahan lebih total dilakukan! Untuk dongkrak torsi, kruk as dimainkan.  Jika standar, bandulnya tidak benar-benar bulat, yang ini dibuat bulat 360˚. “Ditambahkan pemberat jadi bulat 100% agar torsinya jadi meningkat,” bisiknya.

No caption
No credit
No caption
Braket mesin dibuat ulang pakai aluminium, lebih kokoh

Ubahan lainnya, porting lubang transfer dan buang lalu reamer karburator dan ganti knalpot. “Oiya kampas kopling juga sudah diganti,” yakinnya. Agar lebih stabil, Anto punya cara sendiri. Tidak seperti pacuan Ali Adrian yang menggunakan sasis tambahan. Pria berperawakan kurus ini mengganti semua engine mounting dengan aluminium tebal.

“Saya juga membuat lubang baut tambahan di bagian bawah mesin agar mesin jadi lebih terkunci,” jelasnya. Dan yang paling menarik adalah setting riding position, pembalap yang punya nomor start 26 ini memotong rangka belakang dan diganti dengan pipa yang lebih datar. Kemudian dikombinasikan dengan jok drag bike aluminium yang sudah lengkap dengan tangki bahan bakar 1 liter.

“Posisi duduk bisa lebih mundur dan lebih leluasa untuk bergerak,” jelas Anto yang ganti setang model jepit. “Setang ini kepunyaan motor bebek drag bike dari bahan dural,” bebernya. Hasilnya, Anto kini pegang rekor time 34.2 detik. Wow!

No caption
No credit
No caption
Mocil GP M Nurgianto
Mocil GP M Nurgianto

Data Modifikasi
Kruk as: Custom by R59
Karbu: Reamer
Membran: Yamaha F1ZR Custom by R59
Kopling: Racing
Kenalpot: Racing
Ban: Slick
Jok + Tangki: Custom model drag
Chassis: Custom by R59
R59: 08129082857

 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa