Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gimana Cara Bikin Per Mobil ala PT Indospring Tbk.

Otomotif R4 - Rabu, 2 Maret 2016 | 14:17 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
flat bar atau bahan mentah untuk membuat per daun

Gresik – Saat menyambangi pabrik PT Indospring Tbk. yang membuat ragam per daun dan per keong, baik untuk suku cadang OEM atau aftermarket. OTOMOTIF berkesempatan melihat langsung, gimana sih cara bikin per daun ala Indospring.

Konsepnya ada 4 tahapan yang harus dilalui sebatang besi baja supaya jadi per daun. Mulai dari heating, shearing, quenching dan assembly.
Awalnya, raw material alias bahan mentahnya berupa besi batangan padat. Bentuknya mirip per, namun jauh lebih tebal. Dari baja ini lalu dijadikan flat bar dengan cara dipanaskan.

“Pemanasannya pakai sistem induction. Jadi pakai listrik, enggak lagi pakai gas. Jadi produksinya lebih cepat,” terang Saptoto Agus Pamungkas, Engineering Manager PT Indospring Tbk.

Proses ini juga bertujuan supaya tidak terjadi dekarbonisasi, yakni hilangnya karbon dalam besi yang berfungsi untuk menguatkan strukturnya.
Bentuknya masih mirip, namun tebalnya sudah diseting sesuai kebutuhan. Tinggal nantinya mau dibikin per daun untuk bus, truk atau kendaraan penumpang biasa deh.

Setelah itu proses shearing, prosesnya bermacam-macam. Ada pembentukan eye forming, yaitu dudukan per yang terletak di bagian ujungnya. Lalu per juga dilubangi untuk tempat pengunci dan sekaligus dibuat melengkung.

Next step adalah quenching. Jadi besi baja yang masih panas tersebut kini didinginkan. Dalam proses ini termasuk per di-sandblast, ditembak menggunakan shotball besi untuk membersihkan bagian per. “Saat proses ini sambil diberi tegangan negatif. Tujuannya supaya per ada gerakan melawan saat diberi beban mobil,” papar Sapto lagi.

Langkah terakhir bisa dibilang assembly. Setelah per diberi anti-karat, lalu per dirakit tergantung kebutuhan. Baru sebagai penutupan dicat powder coating sesuai pesanan. Biasanya untuk per OEM dilapis warna hitam.  

Ragam per daun yang sudah jadi

Editor : Otomotif R4

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa