Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Perfoma Yamaha YZF-R25, Main Noken As Power Naik 6 DK!

Otomotifnet - Kamis, 31 Maret 2016 | 18:35 WIB
Upgrade Perfoma Yamaha YZF-R25  Pindah Haluan
Fariz/otomotifnet
Upgrade Perfoma Yamaha YZF-R25 Pindah Haluan

Jakarta -  Awalnya, motor ini merupakan andalan Rifky Hermansyah untuk kopdar bersama komunitas Yamaha YZFR25 dan turun kontes.

Tapi kini ubah haluan main balap, dijoki Agni Herton sukses finish urutan keempat di kelas Community Pro pada Yamaha Sunday Race seri perdana minggu lalu (22/3). Yuk, kita bongkar ubahan mesin yang digarap bengkel Arlema Motor • (otomotifnet.com)

Kepala Silinder

Di kepala silinder, Aris Ghufroni selaku owner dari Arlema lakukan custom noken as menyesuaikan karakter sirkuit Sentul yang banyak bermain di rpm putaran atas.

“Noken as ini mempunyai durasi in 252˚ dan ex 253˚ dengan lift 8,5 mm. Yang pasti power diarahkan untuk keluar pada rpm atas sehingga pembalap harus pintar–pintar menggantung rpm jangan sampai drop,” ujarnya.

Selanjutnya hanya melakukan porting-polish tanpa memapas head. Sehingga kompresi tidak tinggi jadi awet, apalagi dipadu dengan tambahan radiator besar untuk menjaga suhu mesin.

Fuel Control

Memanipulasi ECU standar agar dapat menyemburkan bensin lebih banyak dan mengatur ulang timing pengapian, pria yang lama tinggal di Tasikmalaya, Jabar ini memasang piggyback keluaran Dynojet Power Commander V (PCV). Air fuel ratio (AFR) dibuat stabil di angka 12,8:1 agar suhu mesin tidak terlampau tinggi.

Kopling

Satu set rumah kopling kaki 6 dikawinkan dengan per kopling keluaran B’Pro yang mempunyai karakter lebih keras. Sedang kampas koplingnya pakai merek Elig.

“Sudah pasti ada gejala kopling selip ketika perpindahan gigi karena power mesin meningkat, untuk itu perlu diupgrade,” lanjut pria berambut kriwil ini.

Throttle Body

Diameter throttle body bawaan R25 yang awalnya 32 mm sengaja direamer menjadi 34 mm oleh Aris sapaan akrabnya. Sedang injektor bawaan pabrik masih dipakai. Agar udara yang masuk terarah, sepasang velocity stack diaplikasi.

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa