Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bedah Fitur ASPC Jaguar XE, Bagai Cruise Control Kecepatan Rendah

Otomotifnet - Minggu, 24 April 2016 | 09:49 WIB

Jakarta - Melawan pesaing yang sudah well developed seperti Mercedes-Benz C-Class dan BMW Seri 3, Jaguar memerlukan inovasi yang berbeda untuk XE. Selain bodi alumunium ringan, sedan mewah dari Inggris ini juga memiliki fitur unik yang tidak dimiliki pesaingnya.

Disebut ASPC atau All Surface Progress Control, fitur ini bertujuan untuk memaksimalkan traksi untuk mobil berpenggerak roda belakang. ASPC berfungsi seperti cruise control berkecepatan rendah. Ketika diaktifkan, mobil akan berjalan sendiri pada kecepatan yang ditentukan tanpa perlu menginjak pedal gas.

Fitur pintar ini akan sangat berguna ketika bertemu permukaan jalan yang memiliki traksi rendah, seperti tanah, rumput bahkan es atau salju. Saat APSC menjaga mobil tetap mendapatkan traksi maksimal, yang akan sulit jika dilakukan sendiri dengan pedal gas. Pengemudi bisa tetap fokus ke pengendalian setir, sehingga medan berat dapat dilewati dengan mudah.

Kalau di Indonesia, pasti berguna untuk yang ingin berlibur di vila. Namun kondisi jalannya sering basah dan licin. Daripada tenaga besarnya bikin roda belakang spin kan. Bagaimana cara mengaktifkannya? • (otomotifnet.com)

1. Untuk mengaktifkan ASPC, tekan tombol di bawah JaguarDrive Control pada konsol tengah yang berlogo seperti cruise control

2. Jika posisi transmisi masih di P atau N, maka akan muncul notifikasi “Select A Gear For Full ASPC” di MID. Putar kenop transmisi ke R atau D sesuai kebutuhan

3. Gunakan tombol “SET+” di sebelah kanan setir untuk mengeset kecepatan yang diinginkan, MID akan menunjukkan notifikasi “Full ASPC On”, yang menandakan cruise control untuk kecepatan rendah sudah aktif. Tombol “SET+” digunakan untuk menaikkan kecepatan hingga maksimum 30 km/jam, sedangkan tombol “-“ untuk mengurangi kecepatan hingga 3,6 km per jam.

4. Ketika ingin mengaktifkan melakukan pengereman, misalnya pada jalan dengan sudut menurun tajam dan traksi rendah, cukup tekan tombol “CAN” dan akan muncul notifikasi “ASPC Descent Braking Only” di MID.

Engine brake dan rem pada tiap roda akan bekerja sama agar mobil tidak tergelincir dan pengemudi pun dapat tetap fokus dalam mengendalikan setir. Ketika ingin mengembalikan ke mode ASPC sebelumnya, cukup tekan tombol “RES”

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa