Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Fitur Apple CarPlay di HU Pioneer, Pakai Firmware Luar

Parwata - Senin, 9 Mei 2016 | 17:56 WIB

Jakarta - Melihat sistem hiburan kabin yang berkembang sangat cepat, rasanya cukup kecewa mengetahui sistem canggih seperti Apple CarPlay dan Android Auto yang mulai banyak diadopsi oleh pabrikan di luar negeri masih belum masuk ke Indonesia. Namun bagi yang mau jalan pintas, ternyata sudah ada cara untuk mengakses Apple CarPlay di Indonesia. Syaratnya cukup ketat, yakni harus mempunyai head unit aftermarket flagship Pioneer terlebih dahulu, seperti AVH-X8650BT.

Seperti yang dilakukan Eko Hadi Waluyojati, pemilik Honda Stream RSZ yang telah mencoba metode ini. “Kalau pakai firmware dari Indonesia sudah pasti tidak bisa. Update saja firmware-nya ke yang terbaru, tapi pakai yang versi Australia ya,” terang Eko. Yang dibutuhkan pun tidak banyak, hanya sebuah Micro SD atau USB Flash Drive dan cukup mengerti untuk mengoperasikan sebuah komputer, yang memiliki koneksi internet. • (otomotifnet.com)

Urutan Upgradenya:

1. Karena website Pioneer Australia sudah tidak aktif, download firmware head unit AVH-X8650BT versi Singapura di www.pioneer.com.sg, pastikan berada di sub-page Support, kemudian masuk ke Downloads dan pilih Software & Firmware, lalu download “AVH-X8650BT Apple CarPlay (For Singapore Only) Firmware Update”

2. Hasil download tersebut akan berupa file terkompresi berekstensi .zip, double click untuk mengekstrak, kemudian pindahkan file ke USB Flash Drive yang sudah diformat kosong sehingga isinya hanya file firmware yang bersangkutan saja

3. Colok USB Flash Drive ke slot USB HU. Pada interface HU Pioneer AVH-X8650BT, masuk ke settings, lalu System Information dan pilih Firmware Update. Pastikan mesin tidak dimatikan atau USB tidak dicabut selama proses update berlangsung. Proses yang normal akan berlangsung selama kurang lebih 5 menit.

4. Setelah proses update selesai, pastikan firmware terbaru sudah terinstall. Kemudian masuk ke settings, lalu Input/Output Settings dan masuk ke opsi smartphone. Jika opsi Apple CarPlay sudah tercantum dan sudah dalam posisi On, maka tinggal sambungkan device iOS (iPhone) via kabel Lightning dan head unit pun akan otomatis masuk ke mode CarPlay

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa