Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Usir Getar CVT Honda Vario 125

Parwata - Sabtu, 7 Mei 2016 | 16:47 WIB
Usir Getar CVT Honda Vario 125
OTOMOTIF
Usir Getar CVT Honda Vario 125

Jakarta - Bergetar saat Honda Vario Techno 125 berakselerasi memang bikin kesel. Kadang terasa sampai ke setang lho! Tertuduhnya, kondisi kampas kopling kotor karena debu atau sudah mulai aus karena umur.

Solusinya, Ikim Muhammad, owner RL Matic Shop menawarkan paket anti ‘gredek’ seharga Rp 540 ribuan.  Menebus paket yang disediakan workshop yang berada di Jl. Pondok Kopi, Duren Sawit, Jaktim ini harus tukar dengan kampas kopling dan mangkok kopling bawaan.

“Standarnya kami tukar dengan standar yang sudah custom. Jadi tidak perlu menunggu proses modifikasi dua komponen itu,” beber Akim. Kampas koplingnya mempunyai dimensi pad yang lebih panjang dan tebal dari aslinya sehingga tidak selip dan meminimalisir getaran.

Selanjutnya mangkok kopling customnya sudah dibolongi beberapa bagian seukuran mata bor 4 mm. “Tujuannya mengurangi menumpuknya debu yang bisa bikin selip. Hal ini juga membuat mangkok lebih cepat melepas hawa panas.

Tapi tidak bisa asal bolongin, karena malah bisa menggerus kampas dan bikin mangkok peyang,” tutur Candra, salah satu mekanik di RL Matic Shop.

Isi paket berikutnya adalah per CVT dan per sentrifugalnya yang mempunyai tingkat kekerasan sedang, “Per CVT baru ini spesifikasinya 1.200 rpm, kalau standarnya berada di bawah 1.000 rpm.

Per sentrifugalnya juga lebih lunak dari standar agar bukaan kampas lebih merata,” ucap Ikim yang berpostur tegap ini. Berikutnya ada rubber clutch baru. Karet bundar ini punya fungsi redaman yang membuat bukaan kampas kopling jadi lebih halus. Bedanya, Ikim menyediakan rubber clutch yang dilengkapi bushing pada bagian tengah.

“Roller ikut dalam paket, biasanya turun 1–2 gram dari berat standar tergantung dari konsumen.

Kalau sering berboncengan dan melewati jalan menanjak lebih baik turun 2 gram. Roller bisa pakai merek LHK & KTC,” lanjutnya sambil menyarankan servis maksimal 3.000 km dan ada garansi setahun untuk paket anti getar ini.

Halus! • (otomotifnet.com)

RL Matic Shop : 08118989798

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa