Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Komponen Bermasalah pada Pajero Sport, Delica juga Lancer

Bagja - Senin, 6 Juni 2016 | 21:38 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sejumlah mobil-mobil penumpang andalan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) dikenakan kampanye penarikan kembali (recall) untuk mengganti komponen yang dianggap bermasalah.

Sedikitnya, berdasarkan siaran pers KTB, ada empat komponen yang bermasalah, dan terdapat pada mobil-mobil seperti Pajero Sport, Triton, Delica, sampai Lancer, dengan jumlah total lebih dari 124.435 unit.


Inflator Airbag

Kemungkinan karena menggunakan merek Takata, sehingga mengalami masalah yang sama dengan jutaan unit mobil-mobil dari berbagai merek di seluruh dunia. 

Inflator Airbag dianggap bermasalah karena saat mengembang bisa menyemburkan serpihan partikel keras yang tentu saja bisa menyebabkan pengemudi dan penumpang cidera, bukannya malah melindungi dari benturan.

KTB mengaku masih menginvestigasi penyebab serpihan partikel airbag tersebut bisa terlepas bersamaan dengan mengembangnya airbag, namun penggantian komponen dilakukan sebagai bentuk pencegahan. Lama perbaikan diklaim kurang dari satu jam.

Inflator Airbag bermasalah terjadi pada Strada Triton Exceed & GLS AB, produksi 2006-2014 sebanyak 10.927 unit, Lancer GLX & SEI buatan 2007-2010 dengan total 61 unit.


Combination Switch

No caption
No credit
No caption
ilustrasi Combination Switch

Ada gesekan kecil yang terjadi di dalam terminal saat mengaktifkan tuas lampu sein dan tuas wiper, sehingga membuat komponennya aus dan mengakibatkan saklar bekerja tidak sempurna.

Efeknya, selain lampu sein, foglamp, juga lampu utama bisa kadang-kadang tidak menyala. Begitu juga dengan kerja wiper yang bisa tidak optimal merespon pergeseran tuas.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa