Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Meninggalkan Mobil di Rumah Saat Libur Panjang, Semua Aman Liburan Nyaman

Parwata - Selasa, 5 Juli 2016 | 20:13 WIB

Jakarta - Menjelang libur panjang Lebaran, banyak yang merencanakan untuk pulang kampung. Perjalanan yang panjang dan melelahkan, enggak semuanya pergi naik kendaraan pribadi kan. Alhasil, mobil kesayangan mesti ditinggal deh. Nah, buat yang ingin meninggalkan mobil di rumah. Ada beberapa tips nih.

Sebelum ditinggalkan, ada baiknya mobil dibersihkan terlebih dahulu baik luar maupun dalam, jangan lupa juga untuk mencuci bagian kolong yang rawan karat. Setelah dicuci, sebisa mungkin parkir di tempat yang tidak terpapar langsung oleh sinar matahari, demi melindungi kerusakan pada bodi.

Memarkirkannya juga tidak boleh di tempat yang tidak rata, karena akan mempengaruhi kondisi kaki-kaki. Agar terlindungi secara maksimal, sebaiknya tutup seluruh bodi dengan cover, tapi jangan sembarangan menggunakan cover, apalagi untuk yang memiliki cat berwarna putih.

Resikonya, bisa bikin cat kena noda kotor. Meninggalkan dalam waktu lama, ada baiknya untuk mencabut aki. Namun ada yang mesti diperhitungkan ketika ingin mencabut aki. Jika mobil yang ditinggalkan mengandalkan keamanan alarm, sudah pasti aki tidak boleh dicabut.

“Kalau tidak menggunakan sistem alarm, saya sarankan aki dicabut,” ujar Muhammad Aufa, Kepala Bengkel Astra Daihatsu di Jl. Arteri Pondok Indah, Jaksel. Perhatikan juga wiper, ketika ingin meninggalkan mobil dalam waktu lama, ada baiknya ganjal wiper dengan busa. Apabila wiper dibiarkan menempel pada kaca, ada kemungkinan mengeras, aus atau getas.

Terlebih udara di garasi yang tidak dibuka selama ditinggal bepergian kemungkinan besar panas, itulah yang menyebabkan karet wiper dapat mengeras atau aus. Selanjutnya kunci mobil dengan baik, tambahkan kunci pengaman ganda bila perlu. Setelah itu ada baiknya titipkan kunci kendaraaan pada tetangga yang tidak pergi mudik atau ke aparat keamanan setempat. 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa