Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menguji Apple CarPlay di Indonesia, Simpel Ala iOS

Parwata - Selasa, 19 Juli 2016 | 08:09 WIB

Jakarta - Pada sistem hiburan kabin, interface yang cenderung kaku terus-terusan jadi kendala, mengapa penggunaan head unit tidak bisa selancar atau secepat smartphone. Dengan kehadiran Apple CarPlay dan Android Auto, hal tersebut teratasi.

OTOMOTIF langsung mencobanya di All New Audi A4, mobil pertama yang membawa fitur ini ke Indonesia. Langsung terasa penggunaan yang jauh lebih familiar karena mirip dengan antar-muka smartphone yang biasa digunakan sehari-hari. Berikut impresi pertamanya.
 
Pengaturan
    
Menggunakan Apple CarPlay butuh sebuah device iOS, yaitu minimum iPhone 5 dengan sistem operasi paling lama iOS 7.1. Kami mengkoneksikan iPhone 6 dengan iOS 9.3.2 via kabel Lightning, yang langsung disambung ke slot USB di konsol tengah.

Setelah dicolok, akan muncul konfirmasi di HU untuk mengaktivasi CarPlay. Kemudian, perlu masuk ke pilihan smartphone connection secara manual dan memilih opsi

“Yes, I agree to the data transfer” untuk memulai koneksi Apple CarPlay. Setelah itu, HU akan langsung menampilkan home screen CarPlay. Ketika tersambung, smartphone akan langsung masuk menu CarPlay, sehingga mengoperasikannya kini full dari HU. Hanya saja pada Audi A4 menggunakan swivel wheel, karena tidak tersedia layar sentuh.
 
Siri

Salah satu fitur terbaik dari CarPlay adalah voice assistant yang disediakan Apple, yaitu Siri. Meski memiliki Speech Dialogue lebih advanced dibanding Voice Command, penggunaannya tetap terasa terlalu basic dibanding Siri yang sudah memakai basis internet untuk menarik data.

Dengan menekan tombol berbentuk kepala orang berbicara di sebelah kanan setir, interface Siri akan muncul di monitor dan mic di kabin langsung aktif untuk siap menerima perintah suara.

Berbagai jenis perintah seperti “send a message hello to my father” untuk mengirimkan pesan singkat atau “show me the way to the nearest restaurant” untuk mencari gerai makan terdekat, akan berfungsi selancar di smartphone.
 
Pemutar Lagu & Navigasi

Karena data dari iPhone langsung terkoneksi via kabel Lightning, data media seperti lagu langsung bisa dimainkan dari music player. Cukup pilih menu Music, lalu pilih lagu via swivel wheel ala-ala iPod Classic. Fungsi pengatur volume dan memilih trek lagu selanjutnya, menggunakan tombol di setir pun masih dapat dilakukan.

Di antar muka iOS 9 dengan Apple Music, dapat juga dibuka tab seperti “For You”, “New” dan “Radio” yang membutuhkan koneksi internet aktif. Sedangkan untuk navigasi, Apple masih mewajibkan aplikasi Apple Maps yang terhitung kurang terlalu update, bila dibandingkan Google Maps atau Waze, namun paling tidak tetap lebih baik bila dikomparasikan GPS bawaan.
 
Telepon & Pesan

Fungsi Phone juga dapat diakses langsung dari menu utama, yang langsung menunjukkan keypad standar ala iOS, serta tab lainnya seperti Favorites dan daftar kontak.

Mic dan speaker di mobil akan otomatis terhubung untuk melakukan panggilan telepon. Sedangkan untuk fungsi Messages, mengandalkan Siri Voice Assistant untuk mengirim pesan, yang sayangnya belum support bahasa Indonesia hingga saat ini. Untuk melihat pesan yang datang, bisa langsung akses menu tersebut dan kemudian akan dibacakan.

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa