Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Fitur Tersembunyi Key Fob BMW, Bukan Hanya Untuk Mengunci

Parwata - Senin, 4 Juli 2016 | 10:59 WIB

Jakarta - Makin populernya smart key masa kini, fiturnya pun semakin banyak, tak lagi sekadar buka tutup pintu. Termasuk pada BMW, remote kunci atau key fob yang dimiliki tergolong sederhana (selain 7-Series G12), dengan 3 tombol utama, yaitu tanda panah ke atas yang digunakan untuk membuka kunci, logo BMW untuk mengunci dan gambar bagasi terbuka untuk membuka bagasi.

Namun tahukah sebenarnya remote tersebut bisa digunakan untuk hal lain? 
 
Tombol Lock

Tombol lock ditandai logo bendera Bavaria. Jika ditekan saja, maka akan mengaktifkan fungsi primernya, yaitu untuk mengunci seluruh pintu, bagasi dan kap bensin, serta mengaktifkan sistem immobilizer. Menekan tombol tersebut dua kali, akan menonaktifkan sensor gerak interior (motion & tilt sensor).

Ditekan lebih lama bila ada jendela atau sunroof yang terbuka, akan menutup setiap jendela dan sunroof. Sedangkan pada model yang sudah dilengkapi spion lipat elektrik, menekan lebih lama juga akan melipat spion tersebut.

Fitur ini juga berlaku pada BMW yang sudah memiliki Comfort Access System (passive keyless entry & smart key). Caranya, cukup tekan dan tahan alur di handel pintu yang biasa digunakan untuk melipat spion dan menutup semua jendela.
 
Tombol Unlock

Tombol unlock ditandai logo tanda panah ke atas. Menekannya akan membuka setiap kunci pintu, serta menonaktifkan sistem DWA (Diebstahlwarnanlage) dan EWS (Elektronische Wegfahr Sperre) atau sistem alarm.

Bila sudah dilengkapi spion lipat elektrik dan terlipat menggunakan metode menahan tombol lock di remote, maka menekan tombol unlock akan langsung membuka spion lipatnya. Menekannya lebih lama akan otomatis membuka semua jendela dan sunroof bila tersedia.
 
Tombol Trunk

Tombol trunk BMW berfungsi untuk membuka bagasi bila tombol ditekan lebih dari satu detik. Sedangkan yang sudah dilengkapi bagasi elektrik, akan membukanya penuh. Sedangkan menekannya lagi bila bagasi elektrik sedang terbuka, akan menutupnya. Ditahan lebih lama dari dua detik, tombol ini akan mengaktifkan Panic Mode atau alarm pada BMW anda, bila memang fitur ini tersedia.

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa