Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Macet Arus Mudik, Kejamnya 'Calo' BBM Tawarkan Rp 20 Ribu Perliter

Bagja - Senin, 4 Juli 2016 | 19:01 WIB

Pejagan - Horornya macet yang terjadi di jalur mudik membuat banyak kendaraan yang kehabisan bahan bakar ditengah jalan. Hal tersebut dimanfaatkan warga sekitar untuk menawarkan bahan bakar. Tapi...

"Banyak yang nawarin bahan bakar Premium, kebanyakan warga setempat dengan harga yang wah! 1 jerigen berisi 25 liter Premium ditawarkan dengan harga perliter Rp 20 ribu!," ujar Salim reporter OTOMOTIFNET di lokasi.

Memang dalam kondisi terjepit, tawaran tersebut sah-sah saja. Apalagi SPBU dipenuhi kendaraan dan juga orang yang antre membeli bahan bakar. Masalahnya, pihak SPBU tidak bisa membedakan mana pembeli yang benar-benar butuh untuk kendaraannya, mana yang memang sengaja untuk dijual kembali.

Jadi mirip praktik calo yang biasa terjadi untuk membeli tiket transportasi umum, namun kali ini terjadi juga di SPBU. Harga yang ditawarkan pun tidak tanggung-tanggung, sampai 3 kali lipat dari harga normal.

Bayangkan saja, kalau di beberapa titik SPBU di sekitar titik kemacetan membatasi pembelian bahan bakar maksimal Rp 100 ribu, maka tindakan para calo yang menawarkan bahan bakar 1 jerigen berisi 25 liter tentu sudah melebihi batas maksimal pembelian.

Tak heran, kalau pemerintah gagal mengantisipasi fenomena kemacetan seperti ini, dan kemungkinan terburuk stok bahan bakar di SPBU habis karena ulah para calo, maka mau tidak mau para pemudik harus membeli bahan bakar dari para calo tersebut.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa