Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Cuci Kolong Mobil, Fokusnya Kemana Saja?

Bagja - Jumat, 22 Juli 2016 | 09:48 WIB

Semarang - Hujan kadang masih saja datang. Betul enggak? Perawatan mobil seperti mencuci mobil ke gerai cuci mobil bolehlah dilakukan. 

Namun ketimbang nungguin bengong saat mobil dicuci, mungkin ikut mengamati kolong mobil ketika mobil anda dicuci juga boleh. Pasalnya, bagian kolong mobil ditengarai yang paling kotor.

“Kalau mobil dicuci, dan ada bagian yang terlewat tercuci anda bisa memberi masukan kepada petugas cuci mobil tersebut. Bagian mana saja di kolong mobil yang perlu diperhatikan,” ujar Fajar Putra, pengelola bengkel Union 4X4, jalan Borobudur Raya nomor 4 Manyaran Semarang yang juga menerima order cuci mobil.

Katanya lagi bagian kolong mobil akan terlihat jelas bila bengkel cuci mobil itu menggunakan komponen lift. Maka ada baiknya mencari bengkel cuci mobil yang menggunakan lift. 

Nah ketika mobil sudah naik dan dicuci, bagian seperti dek bawah mesin, rumah girbok mesti dicuci. Proses cuci kata Fajar pakai shampo cuci mobil.

“Tujuannya, jadi tahu apakah ada kebocoran oli disitu. Lanjut bagian rangka mobil. Juga jangan terlewatkan cover selang tangki bahan bakar. Biasanya di situ ada kotoran pasir yang nyempil, menggumpal lalu menumpuk,” lanjut Fajar.

Diteruskan Fajar, dirinya mempunyai pengalaman, membersihkan dan menemukan 3 genggaman kotoran pasir pada bagian cover slang tangki bensin tersebut.

Setelah itu, bagian kolong spatbor atau fender jangan terlewat. Teknis cucinya ya biasa saja. Disemprot, lalu dilumuri shampo cuci, dan disikat dan dibilas bersih.

Menurutnya lagi, tak jarang titik karat dijumpai pada bagian ini. Bila didiamkan, lama-kelamaan ya keropos kan. Nah proses cuci yang bersih, kelak akan memudahkan proses cuci kembali.

Bila masih penasaran, dan ingin tahu lebih detil terkait cuci mencuci mobil, ini nomor telepon telepon Union 4x4, 0247628000 atau 02747605052.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa