Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda HR-V 1.5 S 2015, Bossted HR-V

Parwata - Rabu, 3 Agustus 2016 | 08:26 WIB

Akhirnya ada juga yang pasang turbo di HR-V, bisa dipakai harian pula!

Jakarta - Tadinya Honda HR-V milik Clieft Steven ini tampil ‘manis’ dengan body kit Noblesse dan pelek Vossen diameter 22 inci. Tak lama kemudian, Ia mulai bosan. “Capek pakai pelek besar, enggak bisa kemana-mana,” keluhnya. Lalu Clieft pun ‘banting setir’ ganti aliran. “Sepertinya main turbo oke juga nih, belum ada kan HR-V yang pasang turbo? Hahaha,” gelak Clieft.
 
Akhirnya ia pun berkonsultasi dengan Teddy Jusman, dari SS Performance Shop di kawasan Supratman, Bandung. “Untunglah Teddy menyanggupi pasang turbo di HR-V,” ucapnya lega. Langsung saja seluruh body kit Noblesse dilepas dan dikembalikan ke bumper standar. “Karena nantinya pasti mentok di intercooler,” bilang pria ramah ini. Oh iya, pelek 22 inci pun dilepas, berganti pelek 18 inci agar tenaga mesin lebih maksimal.
 
“Mesin Honda HR-V ini hampir mirip seperti mesin Jazz, cuma beda di intake dan cover timing chain, tapi sama-sama keluarga mesin L15,” tutur Teddy. Meski begitu, tetap perlu parts khusus yang beda dengan Jazz. Seperti turbonya, Teddy harus memesan khusus.

“Paling cocok pakai Garrett GT2554R ini untuk mesin HR-V. Boost-nya enggak terlalu tinggi dan lag-nya enggak terlalu besar. Karena internal mesin masih standar dan pakai transmisi CVT,” jelas pria berkaca mata ini.

Piping-nya dibuat custom pakai bahan stainless 2,5 inci dan external wastegate pakai Tial, agar output boost tetap stabil. Kemudian intercooler Apex-I dan blow off valve HKS SQV4 juga ikut dipasang. Untuk melancarkan saluran gas buang dipasang down pipe custom dari stainless 2,5 inci juga dan muffler HKS legamax Premium.
 
Lalu piggyback Dastek Unichip Q4 dengan iDrive I6P dipasang untuk memberikan perintah ECU ke injektor. Hasil akhirnya adalah, power mesin jadi 173 dk dengan boost turbo di 0,45 bar. Setelan ini diyakini masih aman untuk transmisi dan penggunaan sehari-hari. 

Data Modifikasi  Honda HR-V 1.5S 2015

Interior:
Jok Recaro SR3, seatbelt Takata 4 titik, Defi BF Advance series Boost Meter, Defi BF Advance series Water Temp, Defi BF Advance series Oil Temp, Defi BF Advance Series Oil Press, Defi Control Unit

Eksterior:
Carbon Hood, Lips front bumper custom carbon, Cover spion carbon, gril custom Zeus, HID Autovision Carbon 5500K H4

Suspension:
Coilover Tein Flex Z, pelek Work Emotion XS2 Ring 18 x 8,5 ET 30 made in Japan, ban Falken ZIEX ZE912 225/45R18

Audio:
Head unit JVC KW V–10, super Tweeter Custom by Autostage, speaker VOX 3-way AMT 3, speaker VOX 2-way AL 650 CS II, subwoofer VOX VSII – 12.4 P, power VOX 4 CH Tube VRA – 80.4T – AB, power Cubig Gold Monoblock Class D, capacitor Bank  PCA CAP – 5F 25VS, kabel VOX

Mesin:
Turbo Garrett GT2554R, external Wastegate TIAL 48 mm, blow off valve HKS SQV IV, oil catch tank CUSCO, air filter HKS, intercooler APEX’I, silicone hose SAMCO, ground wire HKS Circle Earth, turbo timer HKS Type I, custom pipe stainless steel 2,5 inci, custom down pipe dan front pipe 2,5 inci, Dastek Unichip Q4 with Idrive, muffler bolt on HKS Legamax Premium

Plus:    Pakai turbo dan masih bisa dipakai harian
Minus : Power tidak bisa terlalu besar karena internal mesin masih standar

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa