Dimas Ekky Melawan Juara Dunia MotoGP di Balap Ketahanan Suzuka

Rabu, 27 Juli 2016 | 16:48 WIB

Jakarta – Dimas Ekky, salah satu dari 3 pembalap pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yang berkompetisi di balap ketahanan motor di Suzuka, Jepang, akhir pekan ini, akan menghadapi juara dunia MotoGP.

Balap ketahanan motor di Suzuka salah satu rangkaian kejuaraan dunia balap ketahanan (World Endurance Championship/WEC). Tahun ini Suzuka putaran ketiga setelah Le Mans (Prancis, 24 jam) dan Portimao (Purtugal, 12 jam). Ronde terakhir di Oschersleben (Jerman, 8 jam).

Dari empat event itu, Suzuka 8 Hours paling bergengsi. Karena di negara Matahari Terbit inilah markasnya berbagai pabrikan motor. Balap ketahanan Suzuka 8 Jam pertama kali dimulai pada 31 Juli 1978.

Event ini diikuti pembalap dari seluruh dunia, termasuk pembalap MotoGP dan Superbike (WSBK). Dulu pernah diikuti oleh pembalap GP Motor (sekarang MotoGP) ternama seperti Mick Doohan, Aaron Slight, Wayne Rainey, Kevin Schwantz, Colin Edwards, Casey Stoner dan banyak lagi.

Dari daftar peserta yang sudah dikeluarkan untuk Suzuka 8 Jam 2016, Dimas Ekky Pratama akan menghadapi juara dunia MotoGP yang kini berlomba di WSBK, Nicky Hayden.

Selain itu ada juga mantan pembalap MotoGP, Moto2, WSBK dan Supersport, Anthony West asal Australia. Pembalap MotoGP Pol Espargaro dan dari WSBK, Alex Lowes serta Michael van der Mark.

Dimas Ekky berada di tim Satu Hati. Honda Team Asia. Berpasangan dengan Zaqhwan Zaidi dari Malaysia dan Rathapong Wilairot asal Thailand. Mereka menggunakan motor CBR1000RR, menghadapi 163 pembalap berbagai negara dari 57 tim, hari Minggu (31/7).

Sementara itu Irfan Ardiansyah dan Rheza Danica Ahrens akan unjuk kemampuan di Suzuka 4 Hours Endurance Road Race hari Sabtu (30/7). Mereka berlomba di bawah naungan tim Astra Honda Racing Team (AHRT), menggunakan sepeda motor CBR 600RR menghadapi 128 pembalap dari 64 tim.

Babak kualifikasi akan dilaksanakan hari Jumat (29/7). Khusus untuk kelas 8 jam akan mengikuti sesi Top 10 Trials untuk menentukan posisi start terdepan. (otomotifnet.com)

Editor :

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X