Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Bohlam Philips di Honda BeAT eSP, Tahan Air dan Guncangan

Jumat, 29 Juli 2016 | 11:34 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Salah satu problematika motor AHO (automatic headlamp on) adalah usia bohlam yang terasa singkat, rata-rata jika melihat odometer 5-6 ribu km telah putus, atau minimal meredup dengan kondisi bohlam menghitam. Dan biasanya usia makin pendek bagi yang sering melintas jalan rusak, karena vibrasi berlebihan.

Kondisi itu tak terkecuali dialami pengguna Honda BeAT eSP, yang masih menggunakan bohlam model M5 kaki 1. Lalu bagaimana jika putus? Tentu saja diganti dong.

Selain pakai bohlam Honda Genuine Part, bisa pula pakai produk aftermarket. Ada banyak merek, seperti Osram, Hella, Autovision sampai Philips yang sebelumnya lebih tenar dipakai di mobil baik sebagai OEM atau part aftermarket.

Masing-masing tentunya menawarkan kelebihan, mulai dari harga hingga kualitas. Menurut Andri Wahyu Dewanto Aji, Country Manager Philips Automotive Lighting Indonesia, ada beberapa kelebihan yang ditawarkan bohlam Philips yang membuatnya diklaim lebih kuat dan tahan lama.

Pertama pakai quartz glass yang sekaligus menjadi UV-blocking, tak hanya menahan sinar UV sehingga ramah pada mika lampu agar tak menguning, namun juga lebih kuat saat terkena perubahan suhu mendadak.

“Saat terkena air enggak akan meledak, dan dipegang pakai tangan juga tetap aman,” terangnya.

Kelebihan kedua yang ditawarkan adalah punya kemampuan vibration reduction 10G sampai 20G! Buat gambaran, di F1 saat pengereman keras hanya sekitar 5G saja. Jadi cocok buat yang sering melibas jalan rusak nih, tanpa khawatir cepat putus karena tahan goncangan.

Bentuk filamentnya dibuat presisi, lurus dan memiliki kerapatan yang konsisten, jika terpenuhi hasilnya sorot sinar yang dihasilkan akan lebih fokus. Filament Philips juga berukuran kecil, sehingga semakin terang.

Bagaimana cara gantinya? Sangat mudah makanya bisa dilakukan sendiri. Modalnya tentu saja bohlam baru. Yang dijadikan contoh adalah Philips M5 tipe Essential Moto, harganya berkisar Rp 25 ribuan.

Kalau mau yang lebih gaul ada juga Philips Blue Vision 4000 K, dijajakan oleh gerai Indotek Makmur di bilangan Pinang Ranti, Jaktim dengan harga Rp 45 ribuan. Lalu siapkan alat-alat, hanya kunci ring 10 dan obeng plus. Yuk kita lihat urutannya. •(otomotifnet.com / Aant)

No caption
No credit
No caption
Gunakan obeng plus untuk membuka 8 baut bodi depan, 4 di belakang dan 4 di depan di sisi bawa lampu
No caption
No credit
No caption
Lepas juga plat nomor berikut dudukannya pakai kunci ring 10
No caption
No credit
No caption
Lanjut tarik bodi depan secara perlahan, nah sisi belakang lampu kelihatan deh, buka karet pelindungnya lalu tekan dan putar ke kiri, tarik bohlam yang putus, ganti dengan yang baru
No caption
No credit
No caption
Nah yang baru telah terpasang, sinarnya kembali terang benderang deh!
Ini salah satu pilihan bohlam pengganti, produk Philips yang pakai quartz glass dan punya vibration reduction cukup tinggi

INDOTEK MAKMUR : 021-8008011,0818124242

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa