Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Impression Grand Sedona Platinum, Kembalinya Angin Baru Korea

Parwata - Jumat, 2 September 2016 | 07:13 WIB

Muncul di akhir 1990-1n hingga berakhir di 2008 silam. Kembalinya MPV keluarga ala Korea ini seakan ingin membuat memory lama muncul kembali

Jakarta - Dulu, kemunculan Kia Carnival di pasar Indonesia seakan membawa angin baru dengan bodi ekstra-lapang, mengingat saat itu pesaingnya praktis hanya Honda Odyssey yang punya bodi lebih tipis. Kini, ‘angin baru’ dari Korea tersebut juga kembali mengejutkan, tak hanya punya desain yang jauh lebih menarik, tapi juga hidden feature plus sumber penggeraknya.

Pertama saat mengumumkan sumber tenaga yang digunakan, OTOMOTIF sedikit terkejut PT Kia Motors Indonesia (KMI) justru membawa mesin bensin dengan konfigurasi V6, berkapasitas 3.342 cc.Wahh, memang output tenaga berdasar brosur menarik nih, hingga 270 dk dengan torsi di atas 300 Nm. Pasti mudah saja membuat ban berukuran 235/60R18 spin.

Namun mesti diingat, selain pajak per tahun yang bakal lebih mahal, OTOMOTIF pun penasaran akan seberapa efisien kah konsumsi bahan bakarnya nanti...Namun KMI tak sekadar menawarkan mesin bertenaga besar. Sebagai pionir big MPV terjangkau di Tanah Air, Grand Sedona harus punya unique selling point.

Ini baru terlihat ketika masuk kabin belakang. Saat posisi normal, 3 baris bangku plus ruang bagasi lapang seakan jadi penanda, Grand Sedona bakal menyenangkan dibawa pelesir bersama keluarga. Tapi bagaimana kalau masih ada yang mau ikutan?Tenang saja, di lantai bagasi ada tali hitam yang ketika ditarik, secara ajaib masih ada bangku baris keempat yang masih muat untuk penumpang dewasa. Hanya saja, mesti memajukan bangku baris ketiganya supaya ruang kaki tetap tersedia.

Selain itu, fitur yang diusung cukup menyenangkan di kelasnya. Mulai dari tombol untuk menyalakan atau mematikan mesin, kursi pengemudi elektris, sistem hiburan dengan tombol kontrol audio di setir, yang sayangya belum dilengkapi head unit monitor untuk menonton film.Akhirnya, Grand Sedona masih layak jadi pilihan di kala kompetitornya sudah punya harga jual di atas Rp 700 jutaan.  

Data Spesifikasi:
Mesin: MPI, 4 silinder segaris
Kapasitas: 3.342 cc
Tenaga Maksimum: 270 dk @ 6.400 rpm
Torsi Maksimum: 318 Nm @ 5.200 rpm
Dimensi:
P x L x T: 5.115 mm x 1.985 mm x 1.755 mm
Wheelbase: 3.050 mm
Sistem Kemudi: Rack & Pinion dengan Power Steering Hidrolis
Rem Depan/Belakang: Teromol/Teromol
Ban: 235/60R18

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa