Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

In Car Entertaintment All New Nissan Navara NP300 VL 2016 SQ, Spesialis Rock

Parwata - Rabu, 14 September 2016 | 07:47 WIB

Tidak kebanyakan aliran SQ yang diperuntukkan lagu audiophille, Navara ini justru dioptimalisasi untuk genre rock
    
Jakarta
- Pasti bingung jadi seorang Deddy Suryadi. Ketika seseorang datang ke gerai Element Audio di Mega Glodok Kemayoran miliknya untuk membangun sistem audio, request yang diterima cukup unik. “Beda dengan aliran SQ (Sound Quality) biasa yang untuk mendengarkan detail lagu. Ini justru minta di-set spesifik untuk dua CD miliknya,” ujar Deddy. Dua kepingan tersebut, adalah grup band AC/DC dan gitaris Joe Satriani, yang punya aliran rock.

Alasannya, Mr. FR alias pemilik Nissan Navara NP300 ini, hobi mendengarkan musik-musik keras. Putar kepala, maka dimulai proyek menciptakan sound system SQ yang fokus untuk genre rock. Dimulai dari speaker depan, dipilih 3-way yang menggunakan level high-end dari merek Jerman, Micro-Precision. Memiliki bahan dari kulit kerang pada midbass dan midrange-nya, varian Z Studio ini dipercaya bisa mereproduksi suara yang sangat detail.

“Dipakaikan passive crossover custom untuk tweeter, midrange dan midbass. Tanpa prosesor agar suaranya lebih natural, lalu memakai referensi suara dari CD yang diminta,” beber Deddy. Kemudian, sang pemilik meminta agar tidak ada ruang penumpang yang tersita untuk audio, karena aslinya sudah terbatas. Akhirnya, penunjang frekuensi rendah berupa 2 subwoofer JL Audio 8 inci, dimasukkan ke dalam masing-masing door trim belakang.

Namun dibanding pemasangan semua komponen di atas, paling sulit adalah proses tuning. “Harus lewat trial and error untuk pembuatan passive, setting suara manual pakai solder, karena tidak ada prosesor digital,” tambah Deddy. Pada akhirnya, suara yang dihasilkan memiliki liveness yang terasa seperti konser rock. Treble yang berani membuat suara distorsi gitar terdengar jelas, begitu pun bass yang cukup menghentak untuk subwoofer tanpa boks besar.

Data Modifikasi:
Head Unit: Alpine IVA-D800E
Speaker: Micro-Precision 3-way Z Studio
Subwoofer: 2 JL Audio 8 Inch
Power Amplifier 1: Genesis Black Limited Edition 5-channel
Power Amplifier 2: Audio Wave Aspire 2-channel
Kabel: Harmonic Harmony
Peredam: STP

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa