Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Fitur Auto Brake Hold Di Honda Civic Turbo

Otomotifnet - Kamis, 1 September 2016 | 19:18 WIB
Fitur Auto Brake Hold
Risson Ramadhani
Fitur Auto Brake Hold

All-New Honda Civic Turbo punya beberapa teknologi-fitur terdepan di kelasnya. Tapi menurut kami, ada satu fitur yang sangat fungsional, khususnya pada saat kondisi jalan macet (stop and go). Yup, fitur tersebut diberi nama Auto Brake Hold.

Fitur ini memang bukan yang pertama diaplikasi oleh Honda pada mobil produksinya. Karena sebelumnya, fitur ini sudah ada pada HR-V.

Berkat adanya fitur ini, Anda akan lebih nyaman, aman, dan tidak cepat lelah saat mengemudi di kondisi jalan macet (stop and go). Lantas bagaimana cara untuk mengoperasikan fitur ini?

1.    Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda harus menggunakan sabuk pengaman. Karena fitur tidak akan bekerja jika sistem mendeteksi sabuk pengaman belum terpasang.
2.    Tekan tombol Brake Hold di konsol tengah, di sebalah kanan tuas transmisi. Proses ini bisa Anda lakukan pada saat kondisi mobil sedang melaju maupun berhenti.
3.    Pada panel meter akan muncul indikator hijau bertuliskan ‘Brake Hold’ akan menyala di sebelah kiri spidometer.
4.    Dan kapanpun Anda menginjak pedal rem hingga mobil berhenti, akan muncul indikator berlogo ‘A’. Pada kondisi ini mobil tidak akan bergerak, walaupun berhenti di tanjakan maupun turunan.
5.    Untuk menon-aktifkan fitur ini, Anda tidak perlu menekan tombol lagi, tapi cukup injak pedal akselerator saja. Dan saat mobil melaju, indikator berlogo ‘A’ tadi akan mati. Namun indikator ‘Brake Hold’ tetap menyala, selama Anda tidak menekan tombol ‘Brake Hold’ kembali.

Notes...

Saat mobil sedang dalam kondisi berhenti, Brake Hold akan tetap aktif walaupun transmisi dipindahkan ke posisi N ataupun P. Tapi, fitur ini terasa sedikit mengganggu saat sedang melakukan manuver parkir (maju-mundur).
Karena saat transmisi dipindahkan dari posisi R ke D, laju mobil sedikit tertahan. Khusus untuk kondisi ini, sebaiknya Anda menon-aktifkan fitur ini dengan cara menekan tombol Brake Hold hingga indikator pada panel meter mati.
    
Oh ya, berbeda dengan Hill Start Assist (HSA), yang hanya menahan laju mobil sekitar 3 detik, setelah Anda melepaskan injakan dari pedal rem. Sistem ini akan otomatis non-aktif sepenuhnya jika Anda melepaskan sabuk pengaman, mematikan mesin mobil, atau kondisi mobil berhenti lebih dari 10 menit.

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa