Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BMW 320d Sport 2015: Diesel Rasa M3

andy - Kamis, 1 September 2016 | 19:22 WIB

Sejatinya BMW Seri-3 berkode F30 masih tergolong muda hadir di Indonesia. Kendati demikian, kreasi dress up untuk Compact Luxury Sedan ini malah berkembang jauh dan memberikan inspirasi bagi pengguna mobil yang sama. Salah satu buktinya ialah kreasi dress up BMW 320d Sport 2015 milik Evan.

Tidak ingin tampil identik dengan BMW 3 Series lain, Evan mencoba mencari konsep dress up yang lebih menantang untuk tunggangannya yang bermesin diesel. Alhasil terpilihlah ide “upgrade” penampilan BMW miliknya agar serupa dengan sports sedan ikonik di keluarga BMW: M3.

“Awalnya sempat pakai bodykit M-Performance, tapi pasaran banget dan akhirnya saya ganti sebulan kemudian. Nah karena saya mau yang berbeda, saya jadi ganti body kit BMW saya dengan M3 F30 yang bisa dibilang super rare. Jadi dari bemper depan, fender samping, sampai ke bemper belakang semua serba M3,” bangga Evan.

Kendati terkesan mudah, namun ternyata pria yang berprofesi sebagai kontraktor muda ini mengalami sedikit kesulitan dalam mewujudkan konsep dress up tersebut. Diakuinya terdapat beragam perbedaan dari segi fitment bodykit yang harus diatur ulang pemasangannya, serta penyesuaian warna body kit dengan bodi. Jadi tidak salah jika pemasangan bodykit M3 serta  memakan waktu tiga minggu.

Agar nuansa M3 makin terasa, Evan pun menyematkan detail tambahan di sektor body, seperti Double Slated Grill M, M3 Carbon Mirror Replacement, serta Ducktail Carbon. Tak hanya itu, Evan pun menyematkan taillight BMW Seri-3 F30 LCI (Life Cycle Impulse) yang memiliki desain cukup berbeda dibanding versi standar.

Selain merombak eksterior, kaki-kaki mobil ini pun mengalami peningkatan lewat penggunaan coilover KSport yang banyak memberikan dukungan grip dan kestabilan. Di samping itu Evan juga menyematkan AP Racing BBK 4pot berdiameter 335 mm yang menggantikan rem depan standar.

Di samping meningkatkan sektor kaki-kaki dari segi teknis, dari segi tampilan kaki-kaki pun mengalami pembenahan yang tak kalah menarik. Ya, kini Compact Luxury Sedan asal Bavaria ini mengadopsi velg Rays TE37 Ultra berprofil 20x8,5+9,5 inci dengan offset 36 untuk roda depan dan belakang.

Velg bergaya racing dengan kelir warna Matte Blue ini dibungkus dengna ban Landsail LS988 dengan ukuran 245/35 R20 untuk depan dan 275/30 R20 di belakang.

Rombak Exhaust Demi Performa

Meski dari segi ketersediaan part upgrade performa masih tergolong minim, tapi bukan berarti BMW 320d tidak bisa mengalami peningkatan tenaga. Terbukti kini sang tunggangan berhasil mendapatkan peningkatan tenaga hingga 15 dk, serta tenaga di putaran bawah lebih baik, berkat full custom di exhaust.

“Kalau melihat BMW M3 dengan Seri-3 standar di bagian exhaustnya sudah berbeda posisi, dimana exhaust M3 lebih ke tengah. Makanya jadi di-custom dengan bantuan teman yang jago desain exhaust. Custom exhaust sendiri dimulai dari downpipe catless terus dibikin jadi dua muffler terpisah dengan masing-masing dua tailpipe, dan dipasang exhaust tips dari Eisenmann,” jelas Evan.

DATA DRESS UP
Body kit M3
Ducktail carbon
Velg Rays TE37 Ultra 20x 8,5+9,5 ET 36
Ban Landsail LS988 245/35 R20 (depan), 275/30 R20 (belakang)
Rem depan AP Racing Bbk 4pot 335 mm
Ksport coilover
BMW F30 LCI tailight
Double slated grille M
M3 carbon mirror replacement
Eisenmann exhaust tips
Full custom downpipe catless
Full custom dual muffler
Workshop
Permaisuri Ban, Jl. Mahakam I No.5, Jakarta Selatan. Telp (021) 7211239
BMW Sunter, Jl. Gaya Motor Selatan No. 1, Sunter, Jakarta Utara. Telp (021) 6505959
Firna Protechnik, Jl. Tanjung Duren Barat, Jakarta Barat
A+ Auto Bodywork, Jl. Kesehatan IV No.45, Bintaro, Jakarta Selatan
Inspire Tuning, Jl Arteri Kedoya no 8A, Jakarta Barat. Tel (021) 5682539

HAFIZH FAUZAN/PHOTOS: RUSLI ILFAN/DESIGN: XXXX

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa