MINI Cooper S Clubman: Tetap Fun To Drive

andy - Jumat, 2 September 2016 | 19:21 WIB

Setiap brand MINI, sejatinya memang diciptakan untuk mengutamakan kesenangan berkendara. Termasuk MINI Cooper S Clubman sebagai MINI yang memiliki dimensi paling besar ini. Bedanya, ketika menggunakan Clubman, Anda bisa membagi ‘kesenangan berkendara’ tersebut bersama keluarga, atau teman terdekat. Karena dilengkapi pintu belakang serta legroom yang cukup lapang.

Kesenangan berkendara alias fun to drive, dimulai ketika Anda akan membuka pintu. Tekan tombol yang ada di handle pintu untuk membuka sistem kunci, maka akan ada logo MINI yang diproyeksikan dari spion ke lantai selama 20 detik. Saat malam hari, proyeksi ini terlihat cukup terang. Rasa-rasanya bisa membuat Anda senyum-senyum sendiri.

Ketika Anda masuk ke kabin, langsung disambut iluminasi yang diberi nama MINI Yours Interior Style. Door trim mampu memancarkan iluminasi beragam warna yang disesuaikan dengan iluminasi interior secara keseluruhan.

Bila dilihat secara keseluruhan, desain dasbor Clubman mirip seperti varian MINI lainnya, hanya saja terdapat panel melingkar yang diberi sentuhan sewarna bodi. Dan pada varian MINI Cooper S Clubman dilengkapi head-up display yang menginformasikan kecepatan dalam angka, arah navigasi dalam bentuk panah grafis, dan sketsa persimpangan. Sehingga konsentrasi pengemudi bisa lebih fokus ke jalan.

Menyalakan mesin lewat tombol On/Off di bagian tengah dasbor, suara merdu langsung menyambut. Coba injak pedal gas secara dalam dan lepaskan, suara backfire langsung menggugah hasrat untuk langsung mengemudi.

Sama seperti MINI lainnya, Clubman dilengkapi 3 mode berkendara. Mid sebagai mode standar ketika pertama kali mesin dinyalakan. Lalu ada juga Green untuk berkendara secara efisien, dan Sport untuk sensasi berkendara yang lebih agresif.

Dalam pengujian kali ini, pertama kali kami menggunakan mode Sport terlebih dahulu. Seketika, respons mesin langsung terasa sensitif terhadap injakan pada pedal gas. Begitu juga dengan putaran lingkar kemudi yang terasa semakin berat saat diputar.

Yang menarik saat di mode Sport, selain mesin yang jadi lebih responsif, serta perpindahan gigi di putaran mesin yang lebih tinggi, suara deruan mesin juga lebih terdengar keras di kabin. Diikuti suara blow-off valve serta bakcfire yang semakin kencang, otomatis langsung membangun adrenalin berkendara agresif.

Di atas kertas, mesin 4 silinder berkapasitas 1.998 cc, mampu menghasilkan tenaga 192 dk serta torsi 280 Nm mulai dari 1.250 rpm. Tenaga ini disalurkan melalui transmisi baru steptronic 8 percepatan ke roda depan. Perpaduan ini mempu menghasilkan akselerasi yang cukup impresif, apalagi MINI Cooper S Clubman juga dilengkapi launch control.
 
Cara mengaktifkannya, pertama Anda harus menon-aktifkan fitur Dynamic Traction Control (DTC), melalui tombol yang ada di dekap tombol Start/Stop engine. Selanjutnya, driving mode harus ada di posisi Sport. Pindahkan tuas tranmisi ke posisi S, injak pedal rem dengan kaki kiri secara kuat diikuti tekan pedal gas sampai dalam.

Nantinya indikator launch control akan tertera di MID panel meter, dan Anda siap untuk akselerasi dengan melepas kaki kiri dari pedal rem. Setelah beberapa kali percobaan, waktu terbaik kami saat melaju dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam yakni 7,4 detik.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : andy

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa