Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Race MotoGP: Rahasia Sukses Maverick Viñales

Senin, 5 September 2016 | 13:14 WIB

SILVERSTONE - Kemenangan yang diraih Maverick Viñales di MotoGP Seri 12 Inggris (4/9) menjadi catatan sejarah. Bagi Maverick Viñales dan juga bagi Suzuki. Apa strategi kemenangan MV25 di Silverstone?

Maverick Viñales membeberkan bila kesuksesan pabrikan berlogo S meraih kemenangan pertama musim ini, bagi Maverick Viñales dan Suzuki, berkat sesi tes MotoGP di sirkuit Brno dua pekan silam. 

Dari hasil uji coba itu Maverick Vinales mulai memahami karakter setting ECU disesuaikan dengan karakter dari Maverick Viñales yang doyan menekan di paruh kedua lomba atau di lap-lap terakhir. 

"Hasil tes di Brno amat penting karena kami bisa mendapatkan setting terbaik yang sesuai dengan karakterku di mana bisa menekan di lap-lap terakhir," cerocos Maverick Viñales. 

Faktor lain yang menentukan kemenangan adalah pemilihan ban benar-benar krusial. Seperti di ronde sebelumnya MotoGP Brno di mana Cal Cruthclow mempercayai teknisi Michelin untuk menggunakan kompon keras untuk ban depan dan belakang. 

Begitu pula dengan Maverick Viñales yang sejak Jumat sudah merasa klop dengan pilihan kompon keras dan medium (depan-belakang). 

"Terus tanyakan kepada tekniksi Michelin pilihan kompon seperti apa yang cocok untuk trek Silverstone."

"Dia menyampaikan kompon keras dan medium (depan-belakang) paling klop. Saya pun mempercayai dan terbukti ampuh," imbuh Maverick Viñales. 

Hal yang jadi faktor kemenangan Maverick Vinales adalah dia menyukai lay-out serta karakter di sirkuit Silverstone dan bahkan Mavarcik Vinales pun pernah mencicipi kemenangan saat di Moto3 (2012) dan pole position (2013) serta podium ketiga di Moto2 (2014). 

Beberapa faktor menjadi modal kemenangan pertama Maverick Viñales di tahun keduanya berkarier di MotoGP. 

Lagi-lagi sejarah tercipta, setelah MotoGP Assen, Jack Miller menuntaskan kemenangan pembalap tim independen setelah terakhir 2006 silam. 

Kemudian Cal Crutchlow memecahkan telor pembalap Inggris menjadi juara di kelas MotoGP setelah terakhir Barry Sheene selama 35 tahun lamanya. 

Maverick Vinales menjadi juara bersama Suzuki setelah terakhir tim berlogo S itu menjadi juara pada 2007 lampau di MotoGP Le Mans via Chris Vermeulen. 

Selamat buat Maverick Viñales dan Suzuki untuk kemenangan pertamanya di musim ini. (otomotifnet.com)

PERFORMA MV25 DI SILVERSTONE
2011    125 cc       Aprilia         DNF
2012    
Moto3       FTR Honda  Juara
2013    
Moto3       KTM            Peringkat 4
2014    
Moto2       Kalex           Peringkat 3
2015    
MotoGP    Suzuki         Peringkat 11
2016    
MotoGP    Suzuki         Juara

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa