Pelindung Bawah Mesin Chevrolet Aveo

andy - Selasa, 6 September 2016 | 12:17 WIB

Seringkali banyak pengguna mobil tidak memperhatikan bagian bawah mesin, yang ternyata tidak memiliki pelindung secara pas atau bahkan tanpa pelindung sama sekali. Padahal, beberapa bagian penting dari mesin, sering ditempatkan di bagian bawah (kolong). Apabila terjadi benturan yang cukup parah berakibat pada kerusakan yang membutuhkan biaya tak sedikit.

Beberapa kendaraan yang biasanya memiliki pelindung bawah mesin yang minim atau tanpa pelindung mesin biasanya diisi oleh kendaraan berjenis city car maupun hatchback. Kami ambil contoh Chevrolet Aveo, yang hadir tanpa pelindung bawah mesin dan hanya menggunakan karet pelindung di bagian sisi kompartemen.

Banyak informasi dari konsumen mengenai absennya pelindung bawah mesin, yang meningkatkan risiko kerusakan akibat benturan saat melewati jalanan dengan handicap polisi tidur atau kontur jalan yang buruk. Hal ini pun disadari oleh bengkel resmi Chevrolet, yang akhirnya menawarkan perlindungan ekstra yang pas untuk Aveo.

“Jadi sebenarnya kita menawarkan plate drivetrain untuk melindungi bagian bawah mesin. Sebab bagian bawah mesin juga tergolong krusial, dimana pada bagian bawah mesin Aveo  terdapat karter oli yang apabila terkena benturan keras bisa beresiko bocor dan mampu mempercepat kerusakan mesin,” jelas Hendra Susanto, Service Manager dari Chevrolet Pluit.

Sekadar informasi, menurut penuturan Hendra jika terjadi kerusakan di bagian karter oli, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai Rp 10 jutaan. Agar hal tersebut tidak terjadi pada pengguna Aveo, maka digunakan plate drivetrain yang mampu melindungi bawah mesin Aveo terhindar dari beragam benturan yang terjadi di kolong mesin.     

Menariknya, plate drivetrain yang digunakan pada Aveo ternyata menggunakan part dari Chevrolet Spin. Ya, baik Aveo maupun Spin sama-sama memiliki bentuk lubang baut pelindung mesin yang sama. Hanya saja pada Aveo dibutuhkan baut ulir tambahan demi memperkuat posisi plate drivetrain ini.

“Proses pemasangan plate drivetrain sendiri bersifat plug and play dan mudah dalam pemasangan, tidak sampai 30 menit. Yang dibutuhkan hanya peralatan car lift atau dongkrak, serta kunci pas mengunci baut ulir,” tambah Hendra.

Jika berminat memasangkan plate drivetrain pada Aveo kesayangan, tidak perlu khawatir soal biaya yang mahal. Pasalnya, satu unit plate drivetrain dengan tambahan baut ulir dengan ukuran 8,8 mm ini, jika ditotal tidak sampai Rp 650 ribuan, dengan biaya jasa pengerjaan sekitar Rp 100 ribu, jika dikerjakan di bengkel resmi Chevrolet terdekat di kota Anda.

Tahapan Pemasangan

Memasang plate drivetrain pada Chevrolet Aveo sangatlah mudah, dan bisa dikatakan mampu dikerjakan oleh orang awam. Tapi demi hasil yang lebih baik dan pemasangan yang tepat, maka alangkah baiknya dipasang secara langsung oleh teknisi bengkel resmi Chevrolet saja.
Untuk simulasi, kami menggunakan Chevrolet Aveo generasi kedua untuk mendemonstrasikan pemasangan produk ini. “Oh ya, plate drivetrain ini juga bisa dipasangkan pada Aveo generasi pertama ya,” tambah Hendra.

1.    Pasang secara pas posisi plate drivetrain di empat titik lobang baut ulir pada bagian kolong mesin mobil.
2.    Kencangkan empat baut ulir yang dibutuhkan oleh plate drivetrain dengan menggunakan kunci pas. Pastikan masing-masing baut ulir dikencangkan agar plate drivetrain tidak terlepas saat berada di jalanan.
3.    Selesai! Kini plate drivetrain sudah sukses terpasang di kolong mesin Aveo.


Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa