Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasaran Avanza Xenia Kehajar Calya-Sigra, Hanya Sementara?

Arief Aszhari - Selasa, 6 September 2016 | 15:04 WIB

Jakarta- Efek kehadiran duet maut mobil murah tujuh penumpang, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra di pasar mobil bekas (mobkas) sudah cukup terasa, dengan mulai menurunnya harga jual untuk kendaraan LMPV bekas yang ada di pasaran, seperti Avanza-Xenia.

Menurut Chief Operating Officer Mobil88, Halomoan Fischer, antisipasi kehadiran Calya-Sigra ini para pedagang mobil bekas sudah menurunkan harga beli sekitar Rp 2 sampai Rp 3 juta, bahkan di luar Mobil88 sudah mencapai Rp 10 sampai Rp 15 juta.

"Setahu saya memang harga jualnya masih dipertahankan, namun harga belinya sudah turun sekitar segitu," papar Fischer saat berbincang dengan OTOMOTIFNET, Senin (5/9).

Namun, untuk mengetahui apakah duet Calya-Sigra akan memakan pasar mobil bekas LMPV seperti Avanza-Xenia belum bisa dilihat saat ini. "Kalau saya pikir dalam 2 bulan mungkin sudah bisa dilihat," tambahnya.

Sementara itu, menurut Khemal Darmawan, pemilik Bintang Auto Gallery, salah satu pedagang mobkas di MGK Kemayoran, pihaknya tidak terlalu khawatir dengan kehadiran Calya-Sigra, pasalnya mobil murah seperti ini efeknya hanya sementara waktu.

"Ini hanya euforia mobil baru, kita lihat saja Agya-Ayla lalu. Baru setahun sudah banyak yang jual lagi, harganya turun drastis lagi," jelasnya.

Ketika disinggung Agya-Ayla yang merupakan mobil murah lima penumpang, dan berbeda dengan Calya-Sigra yang merupakan mobil tujuh penumpang yang notabene model yang digemari di Indonesia, pihaknya justru membandingkan dengan Datsun GO+ yang sama-sama tujuh penumpang.

"Datsun GO+ juga tujuh penumpang, tapi sama aja. Setahun banyak yang jual lagi dan sudah banyak di pasar mobil bekas," ucapnya. 

Editor : Arief Aszhari

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa