Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wujud Visi Mobil Sport Masa Depan, BMW i8

andy - Jumat, 9 September 2016 | 11:47 WIB

Beragam cara dilakukan brand mobil premium untuk bisa menghadirkan sports car yang efisien, rendah emisi, sekaligus bertenaga seperti layaknya sports car bermesin normal pada umumnya. Salah satunya BMW yang mengusung teknologi plug-in hybrid, yang dikemas secara futuristis pada sportscar BMW i8 yang memulai debutnya di Frankfurt Motor Show 2013.

Berada dalam lini BMW i, i8 dikreasikan sebagai salah satu sports car BMW yang memiliki mobilitas aktif, ramah lingkungan, serta tetap mempertahankan driving experience khas BMW. Tak ayal, sports car ini mendapatkan respons dan reputasi positif di kancah global, hingga dipercaya sebagai Official Safety Car pada ajang FIA Formula E.

Elemen spesial i8 terletak di sektor powertrain, dimana BMW menyematkan mesin BMW TwinPower Turbo 1.500 cc inline-3 beserta dua motor elektrik BMW eDrive Technology dengan baterai Lithium ion 5.2 kWh. Dengan hembusan tenaga total 355 dk dan torsi 580 Nm, i8 sanggup berlari dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,5 detik, top speed di angka 250 km/jam, dan hanya mengkonsumsi BBM 2,1 liter/100 km!

Di samping tenaga yang menjanjikan, i8 jelas meninggalkan kesan yang berbeda saat pertama kali melihat. Dirancang oleh Benoit Jacob, i8 mengadopsi platform LifeDrive yang didominasi penggunaan Aluminium dan Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP). Alhasil mobil yang ikonik dengan pintu butterfly ini hanya memiliki bobot 1.485 kg.

Oh ya, sejatinya BMW sudah pernah membawa i8 ke Tanah Air, tepatnya di ajang Indonesia International Motor Show 2014. Andaikan Anda belum sempat bertemu dengan i8, janganlah berkecil hati. Pasalnya, BMW Indonesia dalam ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 akan kembali memboyong sang sportscar sebagai bentuk selebrasi ulang tahun BMW ke-100 tahun. Apakah ini menjadi pertanda i8 akan dipasarkan di Tanah Air? We’ll see...

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa