Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota All New Corolla Altis 1.8 V 2015: Esport & Thailand Converted

andy - Jumat, 16 September 2016 | 17:35 WIB

Para pecinta sedan seperti Toyota Corolla pasti akan mengatakan kalau generasi terakhir dari sedan terlaris di dunia ini desainnya lebih modern dan lebih keren. Namun sedikit berbeda dengan Andrew Soebali, “Saya beli Altis baru ini karena kepincut modelnya, tapi sayangnya fiturnya banyak yang kurang menurut saya,” ucap Andrew, sapaan akrabnya.

Berbekal pengalaman Andrew memodifikasi Toyota Viosnya dulu, ia pun berniat melakukan up-grade ke Altis barunya ini. Ia pun mulai mencari referensi dari internet. “Akhirnya saya menemukan Altis versi ESport di Thailand, lengkap dengan body kit dan beberapa fitur lainnya yang tidak ada di Altis sini,” bilangnya.

Ia pun langsung berangkat ke Thailand untuk ‘berbelanja’ aksesori bawaan ESport. “Beberapa barang saya bawa langsung dan sebagian dikirim,” cerita Andrew. Sekarang tampilan Altisnya sudah jauh lebih keren dari standar. “Tapi masih ada beberapa barang yang belum sampai, dan ada juga yang belum saya pasang nih,” senyumnya. Waduh!

Add-on Bodykit Dan Lampu ESport
Yang cukup berperan mengubah wajah Altis milik Andrew ini adalah pemasangan add-on body kit ESport. Ada empat item yang meliputi add-on depan, side skirt, dan belakang. “Depan 2 pieces, sideskirt 2 pieces, dan belakang 2 pieces,” ujarnya. Oh ya, di bumper belakang Andrew juga menambahkan rear diffuser berlapis karbon.

Selain add-on body kit, Andrew juga mengganti headlamp, front grille, dan stoplamp dengan versi ESport. “Bedanya kalau versi lokal masih menggunakan panel chrome, Sementara ESport bukan chrome,” jelas Andrew. Jadi kalau hanya ganti grille saja pasti enggak nyambung dengan panel chrome headlamp orisinalnya ya! O ya, stoplamp juga diganti dengan yang versi smoke, “Garnisnya juga sama seperti gril depan,” tuturnya.
    
Modifikasi Suspensi
Untuk velg, Andrew memasang Work Emotion CR Kiwami matte black ukuran 19x8,5+9,5 inci dengan ban Toyo T1 Sport ukuran 235/40R19 dan 265/35R19. Lalu untuk menceperkan suspensinya dipasang per D2 Racing Pro Series. Selebihnya pria ramah ini menambahkan front tower bar dari Altis Thailand, dan rear sway bar dari Corolla versi Amerika.

Melengkapi modifikasi suspensi, Andrew memasang produk Ultra Racing yang terdiri dari 2 points rear upper bar dan 4 points rear lower bar, 2 points upper rear stabilizing bar,  dan 2 points front lower bar. “Di sektor rem saya cuma ganti brake line system dari Hell saja,” tukasnya.

Interior Ala Altis Thailand
Masuk ke interior, pria 35 tahun ini mengacu pada Altis versi Thailand yang lebih lengkap. Mulai dari panel dasbor, shift knob, dan door trim yang diambil dari Altis Sports Style karena motifnya lebih sporty. Lalu cabin footlight panel di kaki kiri dan kanan, sill plate, dan low density polyethylene rear luggage tray di bagasi.

“Saya juga ganti setir dengan Altis versi Thailand yang ada switch mode-nya, lalu saya tambahkan lagi cruise control switch berikut sensor box dan harnessnya supaya bisa aktif digunakan,” tuturnya. Tak lupa head-up display dari Altis Thailand dipasang di sudut kanan atas dasbor. Wow!

“Cuma masih kurang spidometer Altis Thailand terbaru nih belum sampai, saya juga sudah ada Nanoe Air Purifier yang built-in didalam dasbor cuma belum sempat pasang sama interior black panel vesi Thailand juga,” urainya. Ckckck…

Pasang Piggyback
Melengkapi modifkasinya, sektor mesin opun terkena ubahan juga. Mulai dari pemasangan filter udara K&N sampai pasang piggyback Dastek Unichip Q4 dilakukan oleh Andrew. Selebihnya ia memasang Toyota Corolla USA TRD racing thermostat, Toyota Corolla USA TRD fuel cap cover, Corolla Altis Thailand TRD magnetic drain bolt, dan Corolla Altis Thailand TRD alumunium billet oil cap sebagai pelengkap.

DATA DRESS UP

  • Toyota Corolla Altis Thailand ESport add-on body kit front, side, rear, black front grille, black front headlamp, rear smoke headlamp
  • Toyota Corolla Altis Thailand stainless steel exhaust muffler
  • Toyota Corolla Altis Taiwan carbon fibre trunk spoiler C-Type, blackchrome garnish for all chrome
  • Toyota Corolla USA TRD Rear Sway Bar
  • Toyota Corolla Altis Thailand TRD front tower bar
  • Ultra Racing 2 points rear lower bar, 4 point rear lower bar, 2 points upper rear stabilizing bar, 2 points front lower bar
  • D2 Racing Pro Series lowering spring
  • Brake line system Hell for Corolla
  • Toyota Corolla Altis Thailand Sports Style console panel 4 doors, front panel, instrument panel, shift knob
  • Toyota Corolla Altis Thailand cabin foot light panel, sill plates, Low Density Polyethylene rear luggage tray,
  • Toyota Corolla Altis Thailand Auto Headlight On-Off control box & sensor, steering wheel with switch modes, Head-Up Display 2015 model
  • Toyota Corolla USA cruise control switch, sensor box & harness
  • K&N Replacement Air Filter
  • Dastek Unichip Q4
  • Toyota Corolla USA TRD racing thermostat, fuel cap cover
  • Toyota Corolla Altis Thailand TRD magnetic drain bolt, alumunium billet oil cap
  • Velg Work Emotion CR Kiwami wheel 19x 8,5+ 9,5 inci ET 42
  • Ban Toyo T1 Sport 235/40R19 (depan), 265/35R19 (belakang)

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa