Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BMW 320i Sport 2013 dengan Simple Stance

andy - Kamis, 22 September 2016 | 12:09 WIB

Meracik dress up bagi BMW Seri-3 bisa dikatakan gampang-gampang susah. Selain dibutuhkan pemahaman konsep yang diinginkan, pemilihan part juga tergolong krusial untuk menentukan apakah dress up tergolong menarik atau tidak.

Anggapan ini pun diamini oleh Ganesha, pemilik BMW 320i Sport keluaran 2013. Berbekal inspirasi dan saran dari teman-teman di komunitas FSeries, Ganesha pun memberanikan diri untuk merombak tunggangannya jadi lebih keren, tanpa harus terlihat “menor” dengan penuh part aftermarket.
 
“Jujur kalau saya orangnya tidak ngoyo, jadi kalau bisa modifikasi ya sederhana saja tapi pas dilihat jadi oke. Kalau mau dibilang konsepnya mau dibawa ke arah mana, bisa dibilang sih ke arah stance. Tapi ya basically saya suka sama modifikasi yang sederhana,” terang pria yang sedang menempuh studi kedokteran ini.

Konsep ‘sederhana’ tersebut jelas terpancar dari minimnya ubahan di bagian eksterior. Masih mempertahankan part body dari pabrikan, Ganesha hanya menambahkan part M3 Carbon Mirror Replacement di bagian kaca spion, serta Ducktail Carbon di bagian pintu bagasi.

Jika di bagian eksterior terkesan sederhana dan minim part aftermarket, lain halnya dengan sektor kaki-kaki. Ganesha secara langsung memilih velg Work Meister S1 3P berukuran 19x9+10 inci dengan pelapis ban Toyo Proxes T1S 265/35 R19 (depan) dan 265/45 R19 (belakang). Selain itu ia juga mengaplikasikan brake pad keluaran Endless, serta Eibach Sport Line Lowering Kit.

“Velg bisa dibilang bagian paling ribet dalam modifikasi di mobil saya. Soalnya cukup sulit dalam menemukan velg yang pas dengan spesifikasi dan warna yang saya inginkan. Itung-itung untuk inden velg ini ada lima bulan, tapi semua terbayarkan saat velg udah terpasang di mobil. Hahaha,” tawa Ganesha.

Jika Anda pengguna BMW Seri-3 F30 dan sedang menjalani project dress up, Ganesha ternyata punya rahasia khusus. Menurutnya dengan sharing dan banyak bertanya ke teman-teman sesama komunitas bisa membuat Anda bisa lebih paham dengan spesifikasi teknis yang diperlukan. Selain itu, mencontoh beragam konsep dress up juga bisa menjadi cara tercepat untuk tampi beda, asal mampu disesuaikan dengan selera pribadi agar punya  ciri khas tersendiri.
Wah mantap sekali infonya!

Klaim Naik 100 HP
Demi mendapatkan performa mesin yang jauh lebih optimal seringkali membutuhkan kombinasi antara sistem ECU yang sudah dimodifikasi, sekaligus penambahan part engine di ruang dapur pacu. Hal ini pun dilakukan oleh Ganesha dengan melakukan rombakan di sektor air filter dengan part replacement keluaran K&N, kemudian di bagian exhaust dengan penggunaan muffler system dari AUTOLAB.

Di samping meningkatkan sektor dapur pacu dengan penggunaan part aftermarket khusus, dari segi komputerisasi pun turut dirombak dengan penggunaan ECU Reflash dari GSR Technik. Meski belum dilakukan pengetesan komperhensif dengan cara dyno test, namun modifikasi ECU ini diklaim mampu meningkatkan tenaga hingga 75 whp (100 dk). Wow!

DATA DRESS UP

  • GSR Technik ECU Reflash
  • K&N Air Filter
  • Muffler System AUTOLAB
  • Eibach Sport Line Lowering Kit
  • Endless Brake Pad
  • Work Meister S1 3P 19x9+10 inci
  • Toyo Proxes T1S 265/35 R19 (depan), 265/45 R19 (belakang)
  • M3 Carbon Mirror Replacement
  • Ducktail Carbon

Workshop

  • SM Motorsport, Jl Panjang No.38, Jakarta Barat
  • Cockpit Auto, Jl. Pilar Raya No.32, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
  • CK Motorsport, Jl. Panjang Raya No.7, Jakarta Barat. Telp (021) 5818532
  • AT Motorsport, Ruko Green Garden A7 No.62, Jakarta Barat

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa