Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pelindung Kaca Spion Mobil, Usir Air Saat Hujan

Parwata - Rabu, 21 September 2016 | 14:59 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Ketika hujan, pandangan ke belakang melalui kaca spion akan sangat berkurang. Pertama, karena terhalang butir-butir air yang ada di kaca. Ditambah lagi jamur di kaca yang kadang membuat sinar pecah.
Jika demikian, pandangan bakal kabur. Sebenarnya ada alat yang berguna untuk melindungi kaca spion supaya tidak terkena air. Namanya side view mirror rain block.

Untuk mempermudahnya, sebut saja ‘topi’ spion.  Dengan adnya alat ini diharapkan air tak lagi ada di kaca spion dan membantu penglihatan pengendara ke belakang dan sisi kendaraan. Selagi masih sering turun hujan, OTOMOTIF coba melakukan pengetesan terhadap barang dengan harga sekitar Rp 60 ribu tersebut. Didapat pada salah satu toko penjual berbagai macam keperluan, baik rumah, otomotif, bengkel dan lainnya. toncil/otomotifnet.com

No caption
No credit
No caption
Tes Kegunaan

Tes Kegunaan

Saat tes, mobil dibawa berkeliling baik di jalan biasa maupun kondisi jalan tol dalam kondisi hujan. Ini untuk melihat efektivitas ‘topi’ spion tersebut baik saat berjalan pelan maupun agak kencang. Hasil pengetesan membawa hasil yang cukup baik. Benar-benar seperti yang ‘dijanjikan’ oleh pabrikannya. Yakni menghalau air dari kaca spion, dalam dua kondisi tersebut. Sehingga saat hujan lebat sekalipun, air tidak akan hinggap di kaca. Berarti penghalang pandangan ketika hujan sudah bisa dikurangi.

No caption
No credit
No caption
Seputar Topi Spion

Seputar Topi Spion

Barang yang dites keluaran Hypersonic buatan Tiongkok. Bahannya sendiri menggunakan semacam plastik lentur. Sehingga mudah untuk ditekuk dan mengikuti kontur bagian batok spion yang akan ditempel. Tak perlu takut tertukar posisi antara kanan dan kiri. Sebab dalam unitnya sudah ada tulisan L dan R untuk menunjukkan bagian kanan dan kiri. Pada bagian atas, terdapat seperti sirip-sirip. Sebenarnya lebih kepada estetika saja, supaya enak dilihat.

No caption
No credit
No caption
Enggak Semua Sedia

Enggak Semua Sedia

Untuk model ‘topi’ spion ini tidak banyak model. Setelah beberapa kali keliling toko, semuanya memiliki bentuk yang relatif sama. Mengenai ketersediaannya juga ternyata tak terlalu mudah dijumpai. Sempat mendatangi beberapa toko aksesori mobil di Jaksel dan Jakpus, hanya sedikit yang tahu. Bahkan kerap kali salah diasumsikan sebagai cover spion. Kalaupun ada yang tahu, selalu disebut barang kosong sudah lama. Maria, salah satu pedagang aksesori di Jakpus menyarankan untuk bikin di pemain fiberglass. Tapi harganya lebih mahal dibanding jika beli di toko.

Cara Pemasangan

Cara Pemasangan

Memasang ‘topi’ spion ini cukup mudah karena bahannya yang lentur. Dalam paketnya juga sudah disediakan perekat dua sisi. Penting diperhatikan saat akan menempelkannya. Bersihkan permukaan yang akan ditempel perekat tersebut dari debu, minyak dan air supaya menempel sempurna. Setelah didapat posisi yang baik, langsung tempel saja. Jangan lupa untuk menekan dan menahannya beberapa saat. Hal ini supaya mampu merekat sempurna dan tidak mudah jatuh.
    

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa