Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mitsubishi Lancer Evo IX 2005, Jangan Tertipu Penampilan Luar

Parwata - Rabu, 28 September 2016 | 11:42 WIB

Mobil harian tapi tetep asyik diajak ke sirkuit

Jakarta - Kelihatannya sih enggak ada yang istimewa dari Mitsubishi Lancer Evo IX milik Mr.58 yang nama aslinya tidak ingin diketahui ini. Nampak terlihat standar dan elegan dari luar. Namun jangan salah menilai dari luar dulu, ternyata mobil ini pernah menjuarai Time Attack, juara seri 1 dan 2 di sirkuit Sentul pada tahun 2011 di kelas Free For All dengan catatan waktu 1 menit 45 detik.

“Memang seperti itu kemauan sang pemilik yang ingin punya mobil harian namun yang tetep bisa diajak buat main di sirkuit,” terang Taqwa Suryo Swasono, pemilik bengkel Garden Speed Motorsport di Jl. KH Muhasyim VII Cilandak, Jaksel. Hebatnya blok mesin dan girbok Lancer ini masih dibiarkan standar. “Blok mesin dan girbok mobil masih standar, karena mobil ini masih dipakai harian juga,” ungkap Taqwa, sapaan akrabnya.

Pada sektor mesin, camshaft diganti menggunakan Cosworth, turbo, kopling dan ECU menggunakan HKS. Bagian tersulit saat membangun mobil ini saat setup suspensi. “Kita fokus disetup suspensi yang optimal dan terbukti sangat efektif. Peluang untuk menajamkan waktu 2-4 detik per lap sangat mungkin, karena kita masih menggunakan bensin RON 95,” jelas     pria ramah ini.

Suspensi yang digunakan yaitu coilover HKS, rem depan juga pakai HKS namun rem bagian belakang masih menggunkan standar. Sementara pelek menggunakan Enkei RPF1 berukuran R18x9 inci yang dibalut dengan ban GT Radial ukuran 245/40R18. Masuk ke bagian kabin, nuansa racing terasa dari jok yang menggunakan Buddy Club dan safety belt dari Takata. Berderet di atas dasbor mulai dari boost meter, oil pressure dan oil temperature produk dari HKS. TK/otomotifnet.com

Data Modifikasi

Kaki-Kaki: Pelek Enkei RPF1 R18x9 inci, ban GT Radial 245/40R18, suspensi dari HKS, Rem HKS
Interior: Jok Buddy Club, Belt Takata, oil pressure, boost meter, oil temperature, boost controller
Mesin: Camshaft Cosworth, Turbo HKS, Kopling HKS, ECU HKS, set up suspensi dan mesin by Garden Speed Motorsport

Plus: Bisa buat harian dan juga bisa buat balapan
Minus: Jadi Serring setup

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa