Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Adu Fitur dan Kualitas Audio Honda Jazz RS dan Mazda2 GT

andy - Senin, 26 September 2016 | 14:10 WIB

Awalnya penasaran bagi kami untuk uji coba head unit terbaru dari All New Jazz RS CVT, tetapi rasa penasaran makin berlanjut untuk mengetahui seperti apa unggulan tipe tertinggi All New Mazda2. Untuk itu kami segera menyambangi workshop spesialis audio Prisma Autosound di kawasan Jakarta Barat.

Dari sisi ukuran layar head unit, All New Jazz punya dimensi lebih unggul, yakni 8 inci. Sementara All New Mazda2 GT hanya disematkan layar 7 inci TFT touchscreen. Bicara fitur, head unit baru Jazz punya fungsi multimedia, serta tersedia slot HDMi untuk koneksi dengan smartphone.

All New Mazda2 hadir lebih modern dengan MZD Connect yang Semua fungsi tersebut dapat dkendalikan dari konsol tengah seperti laiknya mobil-mobil eropa pada umumnya. Namun Mazda tetap mengaplikasikan layar sentuh multitouch yang hanya bisa digunakan saat mobil dalam keadaan diam.

Bagaimana dengan kualitas suaranya? Kedua hatchback tipe tertinggi diuji dengan alat Real Time Analyzer (RTA) oleh Hong, instalatur dari Prisma Autosound untuk melihat grafik respons frekuensi tatanan audio. Selanjutnya, dilakukan optimalisasi dalam keadaan standar, plus paket audio bagi yang ingin upgrade sistem suara yang lebih baik.


Honda All New Jazz RS CVT

“Kalau dilihat grafik frekuensi, nada bass agak sedikit tinggi. Terutama pada frekuensi 50 Hz, 60 Hz dan 80 Hz. Suara yang tersembur agak sedikit gumam. Tapi masih dalam batasan wajar. Sementara pada frekuensi 2 KHz, agak sedikit jatuh atau turun sedikit. Ambience agak berkurang, tapi justru efeknya suara yang dihasilkan malah tidak capek ketika didengar,” ujar Hong saat pengujian.

Untuk suara high juga turun, pada frekuensi 12 kHz dan 16 kHz. Ya, hal tersebut lantaran posisi tweeter yang menghadap ke kaca. Sehingga suara yang dipantulkan tidak langsung ke pendengar. “Overall, secara grafik sudah cukup bagus. Hanya perlu settingan sedikit untuk memperbaiki kualitas suara yang lebih menyenangkan,” tambahnya.

Optimalisasi bisa dilakukan dengan cara menurunkan satu bar untuk Bass dan Treble pada menu setting audio All New Jazz. Sedangkan pengaturan lainnya, yakni pada fader. Bisa naikkan 3 step dan geser ke kiri 1 langkah. Dan hasilnya, grafik frekuensi menjadi lebih baik. Terutama untuk mendongkrak suara nada bawah.  

Secara akustik dasbor, Honda cukup apik dan dinamis. Ciri khasnya pada dasbor yang rata dan lapang serta kaca depan yang landai. Hal tersebut bisa berpengaruh terhadap kualitas suara yang jadi lebih sedikit sentuhan setting.
Oh ya, sayangnya belum dilengkapi rear view camera. Selain itu, jika ingin upgrade suara pada frekuensi tinggi, penempatan tweeter bisa di-modifikasi pada bagian pilar. Sediakan dana sekitar Rp 500 ribuan untuk membuat dudukan tweeter pada pilar.


All New Mazda2 GT

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa