Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bogor Kota Macet Sedunia, Tekor Akibat Enam Faktor

Parwata - Sabtu, 1 Oktober 2016 | 09:46 WIB

Bogor - Kota Bogor berhasil menggusur DKI Jakarta sebagai kota termacet dunia versi survey Waze. Tentu ini bukanlah pencapaian yang perlu dibanggakan. Sebab balam hal indeks kepuasan berkendara, Bogor masuk ke urutan ke dua sebagai kota terburuk untuk berkendara.

Bogor mencatatkan indeks kepuasan berkendara 2,15, satu poin lebih tinggi dari kota Cebu, Filipina yang dinobatkan sebagai kota dengan tingkat kemacetan terburuk di dunia dengan indeks 1,15. Total poin adalah 10. Secara peringkat, Bogor berada di urutan ke-185 sedangkan Cebu peringkat 186 dari total 186 kota di 38 negara. Temuan ini diungkap Waze berdasarkan survei yang rutin diupdate setiap tahun dengan berpatokan pada enam indikator.

Yakni tingkat kepadatan lalu lintas, keselamatan perjalanan, kualitas dan infrastruktur jalan, kemudahan akses ke SPBU dan parkir, analisis dampak sosial ekonomi, serta mencakup perasaan pengguna Waze. Nah, dari enam indikator tersebut, Bogor menorehkan indeks kemacetan sebesar 3,2, kualitas jalan 2,6, dan ekonomi sosial 1,1. Waze juga menyebut penyebab lain buruknya lalu lintas di Bogor disebabkan oleh gagalnya pemerintah setempat dalam pengelolaan lalu lintas.

Survey yang dilakukan Waze dilakukan di 12 lokasi di Kota Bogor. Di antaranya di Jalan Sholeh Iskandar, Tajur, Kebon Pedes, Martadinata, Dewi Sartika, Sawojajar, Pajajaran, Lawanggintung, Merdeka, MA Salmun, Mayor Oking. Serta di wilayah Kabupaten Bogor yaitu Ciawi dan Gadog. Seberapa parah Bogor kini? Harryt/otomotifnet.com

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa