Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Performa Yamaha Jupiter MX, Bore Up Raih 20 dk!

Selasa, 18 Oktober 2016 | 16:26 WIB

Jakarta - Bekerja sebagai pelaut yang jarang ketemu daratan, Sylvester Williams enggak mau tanggung-tanggung melampiskan hasratnya untuk bisa ‘rebah ganteng’ alias cornering.

“Jadi pas pulang pasti kangen banget melampiaskan hobi di sirkuit,” ucap Cibe, sapaan akrabnya.

Buat melampiaskan Hobi, langsung Upgrade Performa Yamaha Jupiter MX. Oprekan mesinnya diserahkan ke bengkel KM.18 EAST Team. Yuk simak ubahannya! • (Fariz / otomotifnet.com)

Blok & Piston
Tidak seperti kebanyakan motor fun race yang bore up gila–gilaan, motor ini hanya dijejali piston 57 mm di dalam blok mesin copotan Yamaha MX King. Itu berarti kapasitas mesin hanya 150 cc. “Piston pakai punya BRT high dome dengan perbandingan kompresi 13:1,” buka Bagas Setiawan owner sekaligus mekanik KM.18 EAST Team.

Kepala Silinder
Bagian klep isap dan buang diperbesar menjadi 23 mm untuk in dan ex 20 mm menggunakan produk RCB asal Malaysia. Dikombinasi dengan noken as custom untuk mengejar tenaga putaran bawah dan tengah. “Noken as durasinya 300°, lift nya 8,8 mm untuk in dan 8,4 mm ex. Per klepnya tanpa merek, yang pasti lebih keras nih,” yakin Bagas sapaan akrabnya.

Pengapian
CDI BRT tipe i-max 24 step sengaja dipakai. Bobot magnet juga ikut dipangkas, “Saat ini 537 gram saja. Mau incar 400 gram tapi belum dapat, padahal sudah coak sana sini. Karena magnet masih berat makanya kruk as pakai Jupiter MX old yang punya bobot lebih ringan yaitu hanya 2,1 kg sedangkan New MX ini aslinya 2,45 kg,” jelasnya.

Hasil Dyno
Untuk melihat peningkatan tenaga setelah upgrade, motor dibawa ke atas mesin dynamometer Dynojet milik Duta Motor Sport di Jl. M.Hasibuan No.60, Bekasi Barat, Jabar. Klaim pabrikan motor ini punya tenaga maksimum 12,3 dk @ 8.500 rpm dan torsi maksimum 12,14 Nm @ 6.000 rpm.

Setelah upgrade sekarang power maksimumnya menjadi 20,03 dk @ 10.800 rpm dan torsi 14,19 Nm @ 9.200 rpm. Cukup besar untuk motor 150 cc mantap! 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa